CAMPUS DRAMA
On October 9, 2012 | 0 Comments

Pembaca akan dibawa ke kehidupan mahasiswa dengan segala masalah yang kelak akan dihadapinya. Di antara SKS, jadwal kelas kuliah, skripsi, interaksi dengan dosen dan staf kampus, KRS, ujian, kuliah semester pendek, asrama/rumah kost, si tokoh utama mendapatkan pelajaran yang tidak ditemukannya di SMU: belajar mandiri, persahabatan, pahit manis hidup jauh dari orangtua—dan kalau beruntung… cinta.

Berikut adalah ketentuan pengiriman naskah yang masuk dalam kategori Campus Drama:

•    Panjang naskah 75-150 halaman A4, spasi 1, Times News Roman 12. Ingat lho, naskah yang sudah kamu kirim itu adalah naskah utuh (artinya: bukan naskah yang setengah selesai atau malah hanya beberapa bab saja)
•    Kirimkan dalam bentuk print out (yang sudah dijilid rapi tentunya), sertakan sinopsis lengkap novelmu, plus form pengiriman naskah (Download di Sini!) ke:
REDAKSI GAGASMEDIA
Jl. Haji Montong No. 57, Ciganjur
Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630
(KODE NASKAH: CAMPUS DRAMA—tulis di amplop naskahmu)
•    Setiap naskah akan diproses langsung oleh redaksi. Waktu yang diperlukan 3-4 bulan, mengingat banyaknya naskah masuk setiap harinya. Harap maklum ya.
•    Contoh novel Campus Drama:
1.    Sakura Wonder (Silvia Iskandar)
2.    Sapporo No Niji (Hapsari Hanggarini)
Campus Drama adalah bacaan yang tepat untuk menginspirasi pembaca menjadi pribadi yang lebih dewasa.

PLOT
Motif pembaca Campus Drama secara umum terbagi tiga bagian: 1) ingin mengalami kembali kehidupan kampus yang sayangnya sudah mereka lewati, 2) ingin tahu seperti apa hidup sebagai mahasiswa sebelum benar-benar mengalaminya, 3) penasaran apakah pengalaman menjadi mereka dulu sama dengan tokoh mahasiswa yang ada di novel tersebut. Sebagai calon penulis Campus Drama, sudah selayaknya kamu mempertimbangkan kebutuhan pembaca ini.

KARAKTER
Campus Drama mengulik secara dalam mengenai kehidupan di balik pintu gerbang kampus dan seperti apa orang-orang yang terlibat di dalamnya. Bisa jadi sudut pandangnya diambil dari staf kampus, bisa juga dari mahasiswa yang kuliah di sana.

LAIN-LAIN
Untuk memastikan faktor realitas dalam cerita yang kamu buat, ada baiknya kamu riset baik-baik setting cerita dan seperti apa kehidupan orang-orang di dalamnya. Tak ada salahnya juga melakukan studi literatur supaya semakin memantapkan ide cerita kamu. Sekali lagi, harus dicatat, ini adalah sub genre mengenai dinamika kehidupan kampus, bukan sekadar novel yang kebetulan setting-nya adalah kampus.

Facebook Comments

Leave a reply

  • More news