#TanyaPenulis: Dinni Adhiawaty
On July 18, 2017 | 0 Comments

Menulis sebuah novel tentang cinta itu mungkin sudah biasa. Namun, akan berbeda rasanya jika terdapat unsur misteri di dalamnya. Kisah cinta yang kita baca, tidak hanya membuat emosi meluap-luap tetapi juga menggugah rasa penasaran.

Hal inilah yang coba diangkat oleh Dinni Adhiawaty dalam novelnya yang berjudul Mengejar Cinta Isabella. Seperti apa novel yang ditulis dari Wattpad ini? Yuk, kita ikuti dalam #TanyaPenulis di bawah ini.

Muliyanini: Kesulitan apa yang Kak Dinni alami selama mengerjakan “Mengejar Cinta Isabella?” Dan karakter siapa yang paling sulit didalami dalam novel tersebut?

diidee83: Karena novel ini termasuk genre roman misteri, kesulitannya saya harus mengurai benang merah dari setiap clue di tiap part agar saling menyambung dan masuk di logika pembaca. Termasuk memikirkan bagaimana caranya akhir cerita tidak mudah ditebak. Karakter yang harus didalami itu Bella. Dia terbiasa memendam ketidakpuasan sepanjang hidupnya tapi memaksa dirinya agar terlihat baik-baik saja di depan orang-orang.

 

anisjl_: Apa ceritanya ini sama seperti sebelumnya di Wattpad atau dibuat berbeda? Dan kenapa saya harus punya bukunya?

dinni adhiawatydiidee83: Poin pentingnya tidak berubah dari naskah asli. Tentunya ada penambahan baik dari sisi tokoh utama maupun jalan cerita, termasuk bonus epilog. Bagian yang dianggap tidak terlalu memengaruhi cerita dikurangi. Mengejar Cinta Isabella bukan hanya berkisah tentang percintaan, ada teka-teki yang terselip di setiap part. Kamu akan terus menerka-nerka hingga akhir cerita. Kakak juga berharap pembaca bisa mengambil sisi positif dalam kisah Bella.

 

Stevanmanihuruk: Sekarang rasanya sudah terlalu banyak novel yang mengangkat tema tentang cinta. Apakah yakin novel ini akan bisa bersaing dan diterima para pembaca? Menurut Kakak, positif atau tidak ketika tema-tema semacam ini terlalu sering diangkat hingga akhirnya dominan dan membentuk selera pasar?

diidee83: Tidak bisa dipungkiri tema cinta sejauh ini masih banyak diminati terutama oleh kaum hawa. Sepanjang saya lihat semakin banyak adegan baper, semakin menarik di mata pembaca. Untuk saya pribadi ketika novel telah siap rilis, harus siap dengan risikonya termasuk bersaing dengan novel lain. Sebagai penulis, saya berusaha memberi yang terbaik untuk pembaca. Bagi penulis Wattpad biasanya sudah memiliki penggemar tersendiri. Bagi saya, lebih penting memperhatikan nilai yang terkandung di setiap novel tersebut. Apakah memberi kesan postif atau sebaliknya untuk pembaca. Bukan hanya kisah cinta tetapi ada pelajaran/hikmah yang bisa diambil.

 

Ayasnnn: Apa sih yang jadi inspirasi awal waktu Kakak nulis?

diidee83: Kali pertama nulis bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis. Genre yang dipilih tema cinta, tapi ada tambahan bumbu misteri, cerita Mengejar Cinta Bella salah satunya. Sekaligus saya memberanikan diri untuk mengetahui respons pembaca di Wattpad. Inspirasi setiap cerita kebanyakan dari kehidupan sehari-hari, dan agar apa yang ditulis tersampaikan ke pembaca, saya harus masuk ke dalam tokoh-tokoh tersebut, bukan hanya sekadar menulis tanpa menaruh rasa di dalam tulisan.

 

pena.ctr: Bagaimana cara membuat sebuah novel dengan konflik misterius tapi masih bisa diterima pembaca? Adakah kesulitan tersendiri? Dan dalam penulisannya apakah Kakak butuh resensi dari buku lain, kalau ada, apa judul buku tersebut?

diidee83: Pertama, kamu harus tentukan dulu tulisan condong ke genre mana. Misal, Bella masuk ke genre roman dengan tambahan bumbu misteri. Kesan/nuansa romannya harus seimbang tanpa mengurangi teka-tekinya dalam cerita. Karena kalau target pembaca kamu penyuka genre pure roman, mereka belum tentu suka kalau misterinya terlalu mendominasi sementara kisah cintanya hanya pemanis. Kecuali kalau sejak awal tulisan kamu ditujukan untuk pembaca genre misteri. Kesulitan menulis Mengejar Cinta Isabella itu benang merah dari misteri setiap part harus saling tersambung hingga ketika tiba di penyelesaian, semua alasan di balik masalah tokoh utama bisa dipahami oleh pembaca. Untuk resensi, Kakak lebih banyak menonton drama seri detektif/kriminal.

 

deto_khan: Kenapa menggunakan nama Isabella? Apakah Kak Dinni tidak khawatir kalau nanti buku ini akan disamakan dengan lagu “Isabella”, atau dikaitkan dengan lagu itu. Adakah trik khusus yang sudah Kakak siapkan dalam novel ini untuk mengatasi hal itu?

diidee83: Halo. Terima kasih sebelumnya. Nama Isabella memang terinspirasi dari salah nama tokoh di satu film. Kebetulan saya juga menyukai nama itu. Sejauh ini tidak ada kekhawatiran akan disamakan dengan sebuah lagu. Lirik dan jalan cerita novel saya jelas berbeda. Trik khusus nggak ada, cuma perlu riset supaya unsur misteri di novelnya saling terkait.

 

Hanifahsaid: Sebagai penulis, apakah Kakak punya cara tersendiri untuk mengembalikan semangat dan meningkatkan mood Kakak dalam menulis? Dan soal naskah, apakah Kakak lebih suka menargetkan kapan waktu harus selesainya?

diidee83: Kalau lagi kurang semangat, saya biasanya berhenti nulis dulu. Cari kegiatan lain atau hiburan supaya nggak jenuh. Kuatkan niat lagi supaya keinginan menulis muncul dengan sendirinya. Soal naskah, saya nggak terlalu menargetkan kapan harus selesai karena keterbatasan waktu untuk menenulis. Dinikmati saja prosesnya.

 

Keeptrianif: Kak Dinni kalau menulis lebih prefer ke ide cerita berdasarkan pengalaman pribadi, atau lebih memilih hal lain, namun dengan riset yang memadai?

diidee83: Sebaiknya riset nggak cuma mengandalkan satu media. Lewat buku juga bisa. Kumpulkan dulu semua informasi, baru dipilah dan diolah mana yang valid atau tidak. Kalau masih ragu, coba cari narasumber yang kompeten sebelum menuangkan dalam tulisan untuk menghindari perdebatan di kemudian hari.

 

Callmeinsan: Apa insipirasinya sampai akhirnya terpilih judul itu dan cover itu (sebelum dilakukan voting) dari sekian banyak judul dan cover yang bisa dibikin?

diidee83: Untuk novel ini, judulnya diambil dari kalimat yang kali pertama muncul di kepala. Tentang kisah cinta seorang perempuan bernama Isabella yang rumit. Sementara cover ingin menonjolkan karakteristik tokoh utama di cerita ini. Sang desainer yang menyodorkan ide setelah membaca naskahnya. Sebelumnya, saya minta nuansa yang nggak terlalu manis, mengingat ada unsur misteri di novel ini.

 

Mengejar Cinta IsabellaAzwaravisin: Bagaimana ide awal sebuah novel? Lalu, sebelumnya kan ini di Wattpad, bagaimana prosesnya sampai bisa diterbitkan GagasMedia? Apakah ada bagian yang diganti selama proses revisi? Judulnya sendiri dapat inspirasi dari mana sih? Lalu berapa lama Kakak melakukan riset serta proses nulisnya?

diidee83: Ide awalnya seperti menulis novel biasa. Untuk cerita Bella, karena ini termasuk karya awal saya, konsepnya tanpa outline, hanya saja saya sudah punya garis besar seperti apa alur kisahnya. Kebetulan GagasMedia lebih dulu menawarkan sebelum saya sempat kirim ke penerbit. Perbedaan tentu ada, tapi tidak mengubah inti atau poin penting cerita ini. Judulnya saya pilih yang kali pertama muncul di kepala saat mulai menulis part awal. Karena dulu publish di Wattpad, riset berjalan setiap akan menulis tiap part. Waktunya cukup lama karena saya nggak ngejar target saat itu.

 

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan cerita Mengejar Cinta Isabella kunjungi segera toko buku terdekat atau unduh ebook-nya melalui PlayStore.

Facebook Comments

Leave a reply