#TanyaPenulis: Fala Amalina
On October 4, 2017 | 0 Comments

Cerita tentang kisah cinta dua insan memang masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembaca. Apalagi jika kisah cinta tersebut terjadi antara guru dan murid, atau dosen dan mahasiswa. Pastinya hal ini menjadi daya tarik tersendiri, kan?

Hal inilah yang dituliskan Fala Amalina dalam novel terbarunya berjudul The Great Teacher My Love. Berbeda dari kebanyakan novel lainnya, Fala mencoba mengangkat kisah cinta antara dosen dengan mahasiswanya. Seperti apa ya, kira-kira proses pembuatannya? Yuk, kita simak jawaban Fala melalui #TanyaPenulis di bawah ini.

mbak_alwi: Halo mbak Fala, mengapa menulis tentang guru, padahal akhir-akhir ini banyak yang mengangkat isu tentang guru dari peristiwa negatif yang melibatkan guru?

Sebenarnya cerita ini ditulisnya sudah agak lama di Wattpad, berhubung aku pun nggak terlalu ngikutin isu-isu tentang guru itu, jadi memang nggak ada pertimbangan ke arah sana. Selain itu, menurutku pribadi, hubungan guru-murid ini, kan, antara dosen dan mahasiswa pascasarjana yang usianya terpaut tidak terlalu jauh, dan faktanya memang kasus seperti ini ada di dunia nyata, sehingga menurutku masih masuk logika.

Stevanmanihuruk: Halo mbak Fala, buku The Great Teacher My Love ini bercerita tentang apa ya? Bagaimana proses dan munculnya ide penulisan buku ini? Dan apa yang membuat buku ini berbeda dengan buku-buku lain dengan tema yang sama? Apa mimpi/harapan pribadi penulis sendiri dengan terbitnya buku ini?

Buku TGTML ini bercerita tentang seorang mahasiswa (Dafeeya) yang diam-diam mengagumi dosennya (Keynan). Pada awalnya Dafeeya sama sekali nggak tertarik dengan Keynan, namun sejak suatu tragedi yang membuat Dafeeya diangkat menjadi asdos Keynan, maka perlahan-lahan ketertarikan itu tumbuh. Ide cerita ini muncul waktu aku bosan dengan tema cerita mainstream yang ada di Wattpad dan sepertinya cerita tentang guru-murid ini belum ada. Jadi, kepikiran untuk nulis tipe cerita ini, hehehe. Harapannya ingin selalu langgeng dan konsisten melahirkan buku-buku yang bisa menghibur.

niahenida_: Dibandingkan cerita antara pasangan sesama pelajar yang lebih banyak beredar, kenapa lebih memilih menyuguhkan ide tentang cerita romansa antara dosen dan mahasiswa? Terus apa yang membuat Kakak akhirnya memutuskan untuk menulis setelah bertahun-tahun jadi pecandu novel?

Kenapa aku memutuskan untuk menulis setelah bertahun-tahun jadi pecandu novel adalah karena aku memang suka nulis (nulis-nulis asal satu ada dua paragraf) waktu SD. Sejak SMP sudah nggak pernah nulis lagi, tapi masih tetap suka baca. Kemudian, sejak mengenal dunia Wattpad aku nggak tahu kalau cerita di Wattpad itu banyak yang masih on going (jadi nggak semua cerita complete). Setelah itu, karena kecewa banyak cerita yang digantungin di Wattpad dan ending nggak sesuai dengan harapan, akhirnya aku mutusin untuk nulis ceritaku sendiri.

putrii_sucieyantie: Hai Kak Fala, aku mau tanya, hal apa yang paling menginspirasi Kakak saat menulis novel ini dan apa yang bisa mengembalikan mood Kakak saat jenuh datang? Dan butuh waktu berapa lama untuk menjadikan tulisan Kakak ini menjadi sebuah novel?

Hal yang paling menginspirasinya sih kehidupan sehari-hariku sebagai mahasiswa baru di kampus dulu. Jadi, di novel ini aku juga ingin menggambarkan, “oh, begini loh rasanya jadi mahasiswa.” Begitu. Untuk mengembalikan mood itu biasanya aku cari kegiatan lain supaya aku mood lagi buat nulis, entah masak, main piano, atau ngobrol sama teman. Kalau untuk waktu menyelesaikan buku ini cukup lama. Sejak revisi sampai terbit itu butuh waktu satu tahun.

gabygabyy_: Hai Kak Fala, aku pernah baca The Great Teacher My Love versi Wattpad, dan entertaining banget. Berapa lama waktu riset sampe proses penulisannya? Kendalanya apa aja, Kak? Oh iya, siapa yang jadi visual dosen dan juga mahasiswanya? Waktu nulis itu, sempat merasakan writer’s block nggak? Kalau iya, apa sih yang Kakak lakukan buat mengembalikan mood dan idenya?

Lama waktu penulisannya untuk yang di Wattpad dan versi bukunya beda. Kalau di Wattpad aku nggak terlalu riset mendalam. Nah, kalau yang versi buku ini lumayan memakan waktu. Jadi, setelah dirombak itu butuh sekitar setahun (tiga sampai empat kali revisi) baru bisa terbit. Kalau untuk visualnya aku sangat jarang memvisualkan tokoh ceritaku dengan orangan beneran ataupun artis gitu.

deto_khan: Hai siang, Kak Fala. Kenapa judulnya The Great Teacher My Love? Apa yang membuat Kak Fala memutuskan menggunakan judul ini?

Karena kalau My Teacher My Love aja sepi banget… hehehe. Nggak, sih, awalnya di Wattpad itu si Keynan ini adalah dosen yang super-duper-genius, makanya dikasih embel-embel “Great”.

Yenilllll: Selama ini kan Kak Fala selalu menulis genre cerita yang terkesan romantis, ada gak sih keinginan dalam diri Kakak untuk menulis cerita dengan genre yang beda seperti sci-fi atau horor?

Ada banget! Sejujurnya aku lagi nulis cerita di Wattpad yang judulnya “You Can Not Love Me Until You Love My Sister” itu mau dibikin semi-fantasi, cuma sampai sekarang aku masih mencari beberapa bahan referensi buku fantasi untuk dibaca, hehehe. Selain itu, sempat juga kepikiran buat cerita horor, sih.

jessicaw1_: Hai Kak, saya mau nanya. Dalam pembuatan novel ini, bagian apa sih yang paling susah dibuat? Juga bagaimana caranya mempertahankan karakter masing-masing tokoh supaya akhirnya gak melenceng dari karakter awal? Oiya, menurut Kakak sendiri, bagaimana sih menentukan alur dengan konflik yang gak pasaran (yang gak terduga para readers)?

Cara mempertahankan karakter itu biasanya paling menonjol kelihatan dari cara bicara dan sikap si tokoh. Jadi, sebelum nulis chapter baru, biasanya aku baca-baca dulu bab sebelumnya, biar nggak kehilangan ciri khas si tokoh. Kalau untuk alur sebenarnya menurutku tergantung gimana cara kamu mengemasnya, sih. Sebagus apa pun idenya kalau nggak bisa nulisnya ya percuma. Hal ini bisa dilatih dengan semakin banyaknya cerita yang kamu tulis.

Aristiadarx: Ada perasaan khusus kah saat Kak Fala menulis buku ini dibanding cerita-cerita Kakak sebelumnya?

Sejujurnya nggak ada hehehe… Menurutku semua cerita yang aku tulis sama. Sama-sama harus dibuat dengan sungguh-sungguh. #Azeek

salwaa.ssb: Kak Fala, kira-kira apa aja sih tantangan terbesar dalam menulis kisah The Great Teacher My Love?

Tantangan terbesar nulis cerita ini adalah ketika aku harus merombak cerita ini. Lebih tepatnya, menulis cerita ini dari awal karena waktu cerita ini ditulis di Wattpad itu adalah masa-masa pertamaku belajar menulis cerita. Jadi, masih berantakan banget bahasa dan alurnya.

Nah, bagi kamu yang belum membaca The Great Teacher My Love, dapatkan bukunya di toko buku terdekat atau unduh ebook-nya melalui Google PlayStore.

Facebook Comments
More news