Belajar Efektif dengan Visual Mapping

Belajar Efektif dengan Visual Mapping

Sukses dalam belajar tidak hanya ditentukan dari kemampuan kamu dalam memahami dan mengingat pelajaran. Melainkan juga dari metode yang kamu pilih agar kamu bisa belajar dengan efektif.

Semakin sering kamu mengulang pelajaran, maka semakin mudah pula kamu untuk mengingatnya. Namun, tentunya tiap anak memiliki cara berbeda dalam proses pengulangan pelajaran ini.

Salah satunya adalah dengan menggunakan metode visual mapping. Dengan menggunakan kata kunci, gambar, dan simbol, kamu bisa menggunakan peta visual untuk menyusun gambaran umum sebuah mata pelajaran atau topik.

Selain bermanfaat sebagai jalan pintas dalam belajar, visual mapping merupakan kegiatan menyenangkan karena kamu bermain dengan warna dan gambar, serta metode brilian dalam mengingat. Jadi, dengan mengingat satu hal maka akan memicu ingatanmu mengenai hal-hal lainnya.

Nah, jika kamu tertarik untuk membuat visual mapping, berikut adalah peraturan dasarnya.

  1. Ambil sebuah kertas kosong, lalu tulis atau gambar judul kamu di tengah halaman.
  2. Gambar sebuah garis tebal (cabang) yang keluar dari bagian tengah yang sudah kamu tulis.
  3. Di cabang tersebut, tuliskan kata kunci dengan huruf KAPITAL. Gambarlah sebuah bentuk yang mewakili topik tersebut.
  4. Gambarkan garis-garis tipis yang keluar dari bagian ujung cabang yang tebal, lalu tuliskan kata-kata yang terkait dengan topik tersebut.
  5. Gambar sebuah cabang garis tebal lagi… garis tipis… sebuah cabang lagi… garis tipis hingga semua informasi mengenai judul besar tersebut tertera di atas kertas.

* tulis kata-kata yang kamu perlukan sehingga seakan-akan mereka “duduk” di atas cabang.
* warnai setiap cabang dengan warna berbeda.
* buat ulang peta tersebut di selembar kertas yang lebih besar; tulis besar-besar kata-kata yang kamu inginkan dan gambarkan sebanyak mungkin.

Selengkapnya mengenai visual mapping ini bisa kamu baca dalam buku Sukses Ujian Tanpa Stres karya Dr. Eva J. Hoffman yang diterbitkan di Indonesia oleh GagasMedia. Buku ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghindari kegagalan dan panik saat menjelang ujian.

Cara memaksimalkan potensi otak, trik mengingat, belajar efektif, hingga menghilangkan rasa stres adalah beberapa topik pembahasan yang bisa kamu temukan dalam buku ini. So, bye-bye stress!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You are loved