Makanan Bergizi Tepat untuk Kecerdasan Anak

Makanan Bergizi Tepat untuk Kecerdasan Anak

Orangtua mana sih, yang tidak ingin anaknya menjadi cerdas?! Kecerdasan anak tidak hanya tergantung pada faktor genetiknya saja, lho. Tetapi juga bisa dibentuk melalui faktor-faktor pendukung kecerdasan anak lainnya.

Salah satu faktor pendukung kecerdasan anak adalah makanan bergizi. Gizi yang baik yang diberikan orangtua akan membuat anak memiliki tubuh kuat, sehat, dan perkembangan otak yang sempurna sehingga anak menjadi lebih cerdas.

Makanan bergizi ini tidak hanya diberikan saat anak telah lahir ke dunia saja. Tetapi dimulai sejak anak berada dalam kandungan sang ibu. Dengan adanya asupan makanan bergizi yang mengandung energi, protein, vitamin, mineral, asam lemak esensial, dan kolin, tentunya perkembangan sel-sel otak janin akan berjalan optimal.

Nah, begitu bayi lahir, ASI merupakan makanan yang paling tepat untuknya. ASI memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf otak demi meningkatkan kecerdasan bayi. Selama enam bulan, ibu wajib memberikan ASI secara ekslusif kepada bayi.

Akan tetapi, bagi ibu yang bekerja di luar rumah, tentunya tidak setiap saat bisa memberikan ASI kepada bayi. Berikut ini tip menyimpan ASI yang bisa dipraktikkan jika ibu tidak bisa setiap saat memberikan ASI secara langsung terhadap bayi.

  • ASI tidak perlu diletakkan dalam lemari es bila dikonsumsi 6-8 jam. Cukup diletakkan pada suhu ruang.
  • ASI dapat tahan 4 x 24 jam apabila disimpan pada wadah yang telah disterilkan dan diletakkan dalam lemari es.
  • INGAT!!! Tidak dibenarkan untuk memanaskan ASI sampai mendidih karena akan merusak kandungan gizinya. Setelah dikeluarkan dari lemari es, botol yang berisi ASI cukup direndam sebentar dalam air panas, kemudian diberikan kepada bayi.

Setelah enam bulan, saatnya ibu memberikan makanan pendamping ASI bagi bayi. Pada tahap ini, ibu harus mulai memvariasikan makanan agar kandungan gizi yang diterimanya seimbang. Selain itu, dengan adanya variasi makanan ini, bayi tidak akan merasa bosan.

Informasi lebih lengkap mengenai makanan pendamping ASI bagi bayi ini dapat Anda baca dalam buku Menu Sehat & Permainan Kreatif untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak yang ditulis oleh Ayu Bulan Febry K. D., S. KM & dr. Zulfito Marendra.

Informasi yang terdapat dalam buku ini sangatlah lengkap. Para orangtua ataupun calon orangtua tidak perlu lagi bingung untuk menentukan makanan apa yang boleh dan tidak boleh bagi si buah hati. Seperti halnya yang dikatakan Rizky Hanggono, artis yang belum lama ini menjadi seorang ayah dalam testimoninya di buku ini.

“…Selain mendapatkan variasi resep, pengetahuan orangtua tentang pemberian gizi terbaik melalui komposisi jenis-jenis makanan yang disesuaikan dengan usia bayi (berdasarkan kebutuhan nutrisi dan kemampuan pencernaan) juga bertambah. Tip dan informasi tentang metode pembelajaran FUN LEARNING-nya mengajak anak untuk belajar sekaligus bermain…”

So, tunggu apa lagi? Kreasikanlah menu sehat Anda saat ini juga bagi si buah hati dan bermainlah bersamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.