Mengatasi Demam pada Anak

Smart-Parent3

Smart-Parent3Mengatasi Demam pada Anak

Menjaga kesehatan anak memang gampang-gampang susah. Apalagi jika tiba-tiba si kecil terserang demam. Suhu tubuh yang meningkat dari batas normal tidak boleh dianggap remeh. Salah-salah bisa terjadi sesuatu yang tidak diinginkan jika tidak segera ditanggulangi.

 

Smart-Parent3Demam terjadi jika suhu tubuh lebih dari suhu tubuh normal 360C – 37,50C. Di saat seperti ini, diperlukan tindakan sesegera mungkin untuk menurunkan demam. Berikut adalah pertolongan pertama pada anak yang demam.

•    Kompreslah si kecil dengan air hangat di bagian tubuh yang memiliki pembuluh-pembuluh darah besar (seperti leher, ketiak, dan selangkangan/lipatan paha), juga di bagian yang luar dan terbuka (dahi dan perut). Kompres hangat membuat pembuluh darah tepi di kulit melebar yang selanjutnya membuat pori-pori terbuka sehingga memudahkan pengeluaran panas dari tubuh. Hindari mengompres dengan menggunakan air dingin atau es batu karena tindakan ini mengakibatkan pembuluh darah tepi mengecil sehingga panas yang seharusnya dialirkan darah ke kulit agar keluar tubuh menjadi terhalang sehingga panas tubuh tidak berkurang.
•    Saat mandi, gunakanlah air hangat. Selain membuat tubuh segar dan nyaman, air hangat juga sangat baik untuk menghilangkan kuman dan bakteri di kulit. Setelah mandi, segera keringkan tubuh si kecil dan berpakaian agar tidak kedinginan.
•    Kenakan pakaian tipis longgar, pilih yang bahannya menyerap keringat supaya si kecil nyaman dan tidak kegerahan.
•    Pastikan si kecil banyak beristirahat agar tubuhnya memiliki daya tahan yang cukup untuk melawan infeksi. Usahakan agar sirkulasi udara kamar si kecil baik sehingga kamarnya tetap bersuhu normal.
•    Untuk mencegah si kecil dehidrasi, berikan minuman yang cukup atau makanan berkuah yang banyak. Pada bayi, berikanlah ASI sesering mungkin.
•    Jika panas si kecil tetap tinggi walaupun telah diberi obat sirup penurun panas, berikan obat penurun panas yang diberikan secara perektal/lewat anus.

Lantas, kapan sebaiknya anak yang demam dibawa ke dokter? Berikut adalah penjelasannya.

•    Demam naik-turun atau tak kunjung turun hingga hari ke-3.
•    Demam yang baru terjadi sehari, tetapi dengan suhu 390C, ini menunjukkan keadaan infeksi berat.
•    Demam baru sehari tapi suhu di atas 400C, disertai keluhan sulit bernapas, kejang, muncul bintik merah atau biru di tangan, dibarengi muntah, diare atau bisa juga radang tenggorokan.
•    Anak dalam keadaan dehidrasi, lemas, tak mau makan dan minum.

Cara mengatasi demam pada anak ini selengkapnya bisa kamu baca dalam buku Smart Parents yang ditulis oleh Ayu Bulan Febry K.D., S.KM dan dr. Zulfito Marendra. Buku terbitan GagasMedia ini mengajak kamu untuk mengenali 26 jenis penyakit beserta penanganannya.

Tidak hanya itu, ada 78 menu pilihan sesuai dengan pengaturan makanan untuk setiap penyakit, daftar makanan yang sebaiknya diberikan dan dihindari, serta berbagai macam tip untuk orangtua ketika anak sakit. Ayo, lengkapi informasimu melalui buku ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.