Menjejaki Dunia Seni Hipnosis

Menjejaki Dunia Seni Hipnosis

Masih ingat dengan aksi Rommy Raffael? Aksinya sebenarnya mengacu pada sebuah contoh hipnosis dari dunia panggung hiburan. Mengagumkan dan menolak nalar sehat manusia. Namun hipnosis bukan saja hadir sebagai tontonan hiburan. Lebih luas hipnosis telah dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti terapi kesehatan dan untuk memotivasi orang.  

Hipnosis sudah ada sejak di zaman Yunani kuno, Mesir kuno, dan berbagai kebudayaan di belahan bumi, termasuk di Indonesia. Nah, di wilayah sains, pada abad 17, Franz Anton Mezmer meramu hipnosis dalam ilmu kedokteran dan psikologi. Mezmer menduga hipnosis seperti suatu yang hal magnetis. Namun, pada perkembangan sejarah hipnosis Mezmer tesis tersebut telah usang dan diragukan banyak ilmuwan.

Hipnosis adalah upaya memengaruhi seseorang dengan memanipulasi alam bawah sadarnya. Maka tidak salah bila menyugesti adalah bagian terpenting dari proses hipnosis. Untuk melakukan praktik hipnosis, tidaklah mudah. Sebab, tidak semua orang bisa disamaratakan saat dihipnotis. Ada aneka metode hipnosis yang disesuaikan kondisi mental dan pikiran seseorang. Seperti orang yang suka menganalisis butuh metode tertentu agar berhasil terhipnosis. Berbagai metode yang biasa digunakan dalam hipnosis di dunia modern adalah relaksasi, sugestibilitas, induksi, dan lainnya.

Bisakah seorang penderita migren disembuhkan lewat hipnosis? Beragam aneka penyakit baik berkaitan dengan fisik ataupun psikis bisa didekati dengan metode Hypnotherapy. Termasuk phobia terhadap suatu hal dan kebiasaan buruk seperti klepto.

Di bidang lain, hipnosis kini banyak digunakan dalam bidang marketing dan motivasi. Atau istilahnya Hypnoselling. Misalnya, untuk mendongkrak spirit, rasa percaya diri, dan menggubah perilaku para sales dalam mempengaruhi pembeli. Untuk ibu yang ingin mengurangi rasa sakit saat melahirkan ada Hypnobirthing.

Ingin tahu lebih jauh soal hipnosis, jawabanya ada dalam buku The Real Art of Hypnosis. Buku ini disusun oleh Hisyam A. Fachri, seorang trainer, instruktur, dan hypnotherapist dari Jasa Psikologi Indonesia. Dalam buku ini dipaparkan aneka jenis kalimat-kalimat yang biasa digunakan untuk menyugesti orang sebelum dihipnosis. Selain itu, diuraikan pula hubungan hipnosis Timur dengan Barat, termasuk bagaimana membentengi diri dari aksi gendam.

Buku ini pas bagi yang ingin tahu sejarah hipnosis, serta tahapan praktik hipnosis, hingga soal gendam. The Real Art of Hypnosis, membuka rahasia seni hipnosis untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.