14 Tahun GagasMedia; Perjalanan Panjang yang Masih Akan Terus Bergulir

14 tahun gagasmedia

Hai, GagasAddict. Nggak terasa ya, tepat tanggal 4 Juli 2017 lalu, penerbit kesayanganmu ini sudah mencapai usia 14 tahun, lho. Yup, kalau diumpamakan sebagai manusia, GagasMedia adalah seorang remaja yang sedang beranjak dewasa dan masih mencari jati dirinya.

Nah, sebagai pembaca setia GagasMedia, GagasAddict tahu nggak nih, sejarah berdirinya penebit ini? Flashback sedikit, ya. GagasMedia didirikan pada 4 Juli 2003 oleh FX Rudi Gunawan, Anthonius Riyanto, Moammar Emka, Hikmat Kurnia, dan Andy Dominicus. Saat itu, GagasMedia memfokuskan diri dengan menerbitkan buku-buku populer untuk kalangan remaja. Dan, dalam waktu singkat, GagasMedia langsung menggebrak dunia perbukuan Indonesia dengan melahirkan penulis-penulis berbakat yang tentunya disukai remaja-remaja saat itu.

Beberapa penulis yang sukses melambungkan nama GagasMedia di antaranya Adhitya Mulya dengan novel Jomblo (2003), Icha Rahmanti dengan Cintapucino (2004), Yennie Hardiwidjaya dengan Miss Jutek (2004), Miranda dengan Sihir Cinta (2005), dan Ninit Yunita dengan Kok Putusin Gue (2005).

Nah, selain novel-novel populer, GagasMedia juga sukses memelopori karya-karya adaptasi yang diambil dari film ataupun sinetron. Sebut saja, Tusuk Jelangkung yang ditulis oleh FX Rudi Gunawan (2004), Brownies oleh Fira Basuki (2005), 30 Hari Mencari Cinta oleh Nova Riyanti Yusuf (2003), atau Tentang Dia oleh Moammar Emka (2005).

Selain itu, tidak sedikit juga novel-novel GagasMedia yang dijadikan film layar lebar, di antaranya KambingJantan karya Raditya Dika (2009), Jakarta Undercover karya Moammar Emka (2009), Jomblo karya Adhitya Mulya (2006), Test Pack karya Ninit Yunita (2012), dan Refrain karya Winna Efendi (2013). Kamu sudah nonton semuanya, kan?

Seiring bergulirnya waktu, GagasMedia tidak menutup mata untuk mengikuti perkembangan teknologi. Kini, GagasAddict tidak hanya bisa membaca dalam bentuk buku, tetapi juga ebook. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, pembaca setia GagasAddict bisa dengan mudah mengakses ebook GagasMedia melalui Google PlayStore, serta mengikuti akun media sosial GagasMedia melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan website.

Usia 14 tahun memang bukan waktu yang sebentar untuk membesarkan sebuah penerbitan. Namun, perjalanan GagasMedia juga masih sangat panjang untuk dilalui. Berbagai ucapan dan doa pun mengalir seiring bertambahnya usia GagasMedia. Berikut beberapa ucapan—baik dari pembaca maupun penulis—yang tertuang melalui akun Instagram GagasMedia.

ra.juwitawah: mantaapp.. お誕生日おめでとう! (Selamat ulang tahun). Semoga selalu sukses menerbitkan buku-buku berkualitas ya.

Orizuka: Selamat ulang tahun yang ke-14 @gagasmedia, semoga makin berjaya!

Nisasbookcrazygram: Makin berjaya di mana pun kamu berada, Gagas! Tetap menjadi gagasan yang bermakna dan berharga!

nidahani_: Barakallah.. Happy birthday! Sarangchuckaehamnida!! Selamat ulang tahunn @gagasmedia ❤❤❤ semoga makin sukses mengeluarkan manusia penuh karya yang setia menulis untuk para pembacanyaa🙏🙏 dan tentunya makin sukses dalam segala hal❤❤ makin kompak, everything at all to youu!! Doain aku yaa semoga bisa selalu koleksi bukunya @gagasmedia

nurhidayanti17: Wish me luck….Selamat Hari Jadi yang ke-14 ya GagasMedia, nggak terasa ya umurmu makin nambah lagi, jangan bosen-bosen ya nerbitin buku yang asik, dan semoga semakin sukses buat semua yang bekerja untuk GagasMedia, semua penulis, editor, dan lainnya…

erwinarnada: Happy Bday, semoga berkelanjutan sukses dan melahirkan penulis dan karya yang bagus, juga diberkahi sejahtera untuk karyawannya

vaniautami297: HAPPY BIRTHDAY GAGASMEDIA SEMOGA DI ULANG TAHUN YANG KE 14 INI.. GAGASMEDIA SELALU MENJADI YANG TERBAIK DENGAN TERUS MENGELUARKAN BUKU BEST SELLER OKAYY HAPPY 14 YEARS!!! CONGRATSSS…

minilibraryku: Selamat Ulang Tahun Gagas Media!! Semoga sukses selalu dan bisa menerbitkan novel-novel yang makin kece… ditunggu buku seri seperti STPC selanjutnyaa… sukses selalu!!

Terima kasih atas ucapan dan doanya, ya. Sampai bertemu di tahun-tahun mendatang 🙂

 

Foto dari Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published.