Koala Kumal; Komedi Pakai Hati ala Raditya Dika

Koala Kumal image

Bagi kamu penggemar karyanya Raditya Dika, siap-siap di awal tahun 2015 nanti akan lahir buku barunya yang berjudul Koala Kumal. Mengapa binatang koala yang diangkat menjadi judul? Simak hasil wawancara tim GagasMedia dengan Raditya Dika berikut.

Koala Kumal imageBagi kamu penggemar karyanya Raditya Dika, siap-siap di awal tahun 2015 nanti akan lahir buku barunya yang berjudul Koala Kumal. Mengapa binatang koala yang diangkat menjadi judul? Simak hasil wawancara tim GagasMedia dengan Raditya Dika berikut.

Setelah meluncurkan film terbarunya yang berjudul Marmut Merah Jambu, penulis buku komedi ini akan menerbitkan buku baru dengan judul Koala Kumal. Buku ini masih bergenre komedi, sama seperti buku-buku sebelumnya. Dika mengambil hewan koala untuk bukunya karena terinspirasi dari sebuah gambar yang ia lihat di internet.

“Inspirasinya dari foto seekor koala yang pulang ke rumahnya saat rumahnya sudah habis ditebangi,” cerita Dika. Koala tersebut kaget ketika pulang dan menemukan rumahnya sudah tidak sama lagi. Foto tersebut rupanya menginspirasi Dika untuk membuat buku dengan latar cerita pulang kembali ke tempat yang telah ditinggalkan dan merasakan perbedaannya. Belasan cerita yang ada dalam buku Koala Kumal, sebagian besar menceritakan tentang tema tersebut.

Dika mengambil genre komedi karena ia merasa nyaman dengan menulis komedi dan cerita kesehariannya. Dalam beberapa buku terakhirnya, Dika sebenarnya mengambil tema serius yang dibungkus dalam komedi yang menjadi ciri khasnya. Ia mengambil istilah, komedi pakai hati. Dika menjelaskan, “Maksudnya komedi pakai hati itu adalah komedi yang nggak cuma haha-hihi, doang. Tapi ada sesuatu yang bisa kita ambil.”

Dari buku-buku yang pernah diterbitkan, pembaca melihat keseharian Dika selalu lucu dan penuh komedi. Namun ternyata semua kelucuan itu bisa didapatkan tergantung dari mana kita melihatnya. Dika berujar, “Yang penting kita harus lihat sudut pandangnya saja, apapun yang kita lihat, semua bisa komedi. Asal kita jeli mau menceritakan dari sudut pandang yang seperti apa.”

Semakin penasaran dengan buku Koala Kumal? Tunggu kelahirannya di tanggal 17 Januari 2015 ya!

fun fearless