Maya Angelou

Maya Angelou lahir di St. Louis, Missouri, 84 tahun silam dengan nama Marguerite Johnson. Tumbuh di tengah kondisi orang tua yang bercerai, Maya lebih banyak menghabiskan masa kecilnya dengan sang nenek yang mewariskan pelajaran-pelajaran berharga. Kehidupan Maya diisi beragam cerita pahit sejak usia delapan tahun. Pada usia yang relatif muda, ia melahirkan seorang anak laki-laki dan berjuang sebagai orangtua tunggal. Demi membesarkan anaknya, Maya mengambil berbagai pekerjaan mulai dari pelayan restoran, penari malam, hingga menggeluti dunia prostitusi.

Kecintaannya sejak dini kepada dunia baca mendorong ia mengasah bakat di bidang sastra. Ia mulai menulis kisah-kisah hidupnya dalam bentuk narasi, puisi, dan lagu. Autobiografi pertamanya, I Know Why the Caged Bird Sings berhasil mengangkat nama Maya, tak hanya di negaranya, tetapi juga di berbagai penjuru dunia.

Beberapa penghargaan dan prestasi yang telah diraih Maya antara lain nominasi Pulitzer Prize untuk Just Give Me a Cool Drink of Water Fore I Diiie (1972), Women in Film Crystal Award (1992), Grammy Award kategori Best Spoken Word Album atas puisinya On the Pulse of Morning (1994), National Medals of Arts (2000), serta Predential Medal of Freedom (2011) yang diberikan oleh Presiden Barack Obama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.