Mudah Melakukan Pencarian dengan Advanced Searching

Mudah Melakukan Pencarian dengan Advanced Searching

Di zaman yang serba canggih ini, nggak susah kok mencari sesuatu melalui internet. Klik aja Paman Google, tulis kata kunci yang mau dicari, lalu enter. Hasilnya pasti banyak banget!

Semudah itu mencari data atau informasi melalui Google. Tapi, kalau kamu mau melakukan pencarian lebih lanjut coba gunakan metode Advanced Searching—sebuah metode pencarian tingkat lanjut dengan menggunakan kriteria di Google.

Untuk menggunakan fasilitas ini nggak susah kok. Cukup klik link Advanced Search di samping kotak teks Google, lalu masukkan deh kriteria penyaringan situs yang akan ditampilkan pada hasil pencarian.

Nah, kriteria penyaringannya meliputi hal-hal berikut:

  • Find web pages that have
    Di bagian all these words, kita bisa masukkan kata-kata yang ada di suatu situs. Kata yang dimasukkan bisa lebih dari satu dengan pemisah menggunakan spasi. This exact wording phrase menyatakan bahwa situs yang kita cari harus memenuhi teks yang kita ketik di sana. Harus sama persis. Untuk bagian one or more of these words menggunakan operator OR. Maksud dari bagian ini adalah bahwa situs yang kita cari bisa mengandung salah satu kata dari kata kunci yang kita masukkan.
  • But don’t show pages that have
    Nah, kalau di bagian pertama tadi, Google akan menyaring pencarian sesuai dengan kata-kata yang kita masukkan. Sebaliknya, Google akan melakukan pencarian untuk situs yang tidak mengandung kata-kata di bagian ini. Misal kita akan mencari tentang ‘kesenian Jakarta’, tapi kita tidak mau situs tentang ondel-ondel. Maka di bagian pertama kita masukkan kata kunci ‘kesenian Jakarta’ dan di bagian kedua ini kita masukkan kata ‘ondel-ondel’. Dengan begitu Google akan memberikan hasil pencarian situs yang berisi kata kesenian Jakarta selain ondel-ondel.
  • Need more tools
    Untuk bagian ini, Google menyediakan fasilitas pencarian canggih lainnya. Ada empat bagian di sini. Bagian pertama Results per page adalah tampilan jumlah hasil pencarian dalam satu halaman. Kita bisa mengatur berapa banyak situs yang akan ditampilkan dari hasil pencarian Google dalam tiap halaman. Bagian kedua adalah Language yang berisi pilihan bahasa situs yang akan kita cari. Kita bisa membatasi situs dengan menggunakan bahasa tertentu saja. Misal kita hanya ingin situs dalam bahasa Indonesia, maka pilih Indonesia pada bagian ini. Bagian ketiga adalah File type yang merupakan kriteria memilih situs dengan jenis file tertentu. Misal kita akan mencari file dokumen, maka kita bisa pilih file dokumen pada bagian ini. Bagian terakhir Search within a site or domain merupakan pilihan untuk membatasi pencarian hanya dalam satu situs tertentu saja. Misal kita akan mencari suatu kata dari halaman Detik. Maka masukkan http://www.detik.com di bagian ini akan membatasi Google melakukan pencarian sebatas situs tersebut.

Gimana, mudah kan? Mau tahu info lain yang berkaitan dengan dunia cyber? Makanya baca buku Go Online karya Shmily Valen yang diterbitkan oleh GagasMedia. Melalui buku ini, kamu bisa mendapatkan banyak info tentang cara connecting ke internet, membuat e-mail, mendaftar mailing list, hingga cara menggunakan fasilitas webcam, calling, kirim file, dan game online lewat chatting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fun fearless