Secret Garden; Kesuksesan Drama Korea yang Menjadi Novel

secret-garden-head

“Jika salah seorang dari kita harus menjadi takdir dengan menjadi buih, biarkan aku yang menjalaninya. Jangan sampai kau yang hatinya terluka…..” – Ra Im. Buat kamu yang pernah menonton serial drama Korea yang berjudul Secret Garden, pasti tahu dengan kutipan di atas. Kini Secret Garden hadir dalam bentuk novel yang diterbitkan oleh GagasMedia.

secret-garden-head

“Jika salah seorang dari kita harus menjadi takdir dengan menjadi buih, biarkan aku yang menjalaninya. Jangan sampai kau yang hatinya terluka…..” – Ra Im. Buat kamu yang pernah menonton serial drama Korea yang berjudul Secret Garden, pasti tahu dengan kutipan di atas. Kini Secret Garden hadir dalam bentuk novel yang diterbitkan oleh GagasMedia.

Secret Garden ini bercerita tentang Kim Joo Won, seorang pemilik department store LEOL yang arogan dan Gil Ra Im, stuntwoman yang cantik dan sederhana. Sejak pertemuan pertama, ternyata telah terjadi kesalahpahaman. Joo Won menduga bahwa Ra Im adalah seorang aktris cantik yang bernama Chae Rin. Sejak saat itu, pertengkaran dan ketegangan selalu mewarnai pertemuan antara mereka.

secret-garden-1Tanpa mereka sadari, mereka telah saling jatuh cinta. Suatu hari, mereka berdua pergi ke Pulau Jeju bersama dengan Oska, sepupu dari Joo Won, dan juga Yoon Seul yang merupakan mantan kekasih Oska tapi diam-diam menyukai Joo Won. Oska akan syuting video klip yang disutradarai oleh Yoon Seul. Di pulau tersebut, tiba-tiba Ra Im menghilang. Joo Won pun langsung mencari keberadaan Ra Im. Sampai akhirnya ia menemukan tempat misterius yang bernama Secret Garden. Di tempat itulah Joo Won dan Ra Im mengalami suatu hal yang aneh, yaitu jiwa mereka telah tertukar.

Serial ini memperoleh rating yang tinggi di negaranya. Rating tertinggi diraih oleh episode terakhir, yaitu episode 20 dengan rating 31%. Kerjasama antara sutradara Shin Woo Chul dengan penulis skenario Kim Eun Sook membuahkan hasil. Tidak hanya rating yang tinggi, namun juga serial ini menyabet banyak penghargaan. Mulai dari penulis skenario terbaik, artis wanita pendatang baru terbaik, sampai serial terbaik. Karena kesuksesan serial dramanya, maka Kang Yi Eul membuat versi novel dari Secret Garden.

Dengan bentuk novel, Secret Garden tetap bernuansa komedi romantis yang manis dan hangat. Kang Yi Eul tidak mengubah jalan cerita maupun dialognya. Semua ia samakan dengan versi serial dramanya. Tidak seperti versi soonjung manhwa atau shojo manga-nya, yang memiliki jalan cerita berbeda dari serialnya.

secret-garden-2Ada banyak serial drama Korea yang ceritanya diadaptasi dari novel atau komik. Sebut saja Boys Before Flower yang diadaptasi dari manga yang berjudul Hana Yori Dango. Atau Personal Taste yang diperankan oleh Lee Min Ho, ternyata diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Pernah mendengar serial Deep Rooted Tree? Serial tersebut juga merupakan adaptasi dari novel yang sama.

Memang ada banyak serial drama yang diadaptasi dari novel. Tetapi Secret Garden justru sebaliknya. Novel ini diadaptasi dari serial drama terkenal di Korea. Ternyata tidak hanya Secret Garden saja, novel Cool Guys Ramen Shop adalah novel yang juga diadaptasi dari drama Flower Boy Ramyon Shop. Lalu ada lagi novel My Girlfriend is a Gu Mi Ho yang diadaptasi dari serial drama terkenal dengan judul yang sama.

Di Indonesia sendiri, novel Secret Garden ini telah diterjemahkan dan diterbitkan oleh GagasMedia. Secret Garden terdiri dalam 2 part yang siap menghiburmu. Tertarik untuk menikmati kisah komedi romantis dari Kang Yi Eul?


Meskipun Kim Joo Won dan Gil Ra Im sudah diam-diam jatuh cinta, mereka masih belum mengakuinya. Sampai akhirnya jiwa mereka tertukar dan membuat semuanya berubah. Seperti apa kelanjutannya? Temukan rasa penasaranmu dalam novel Secret Garden part 1 dan part 2 karya Kang Yi Eul, yang tentunya tidak kalah seru dibandingkan dengan versi serial dramanya.

fun fearless