#TanyaPenulis: Ainun Nufus
On December 12, 2017 | 0 Comments

Mengangkat cerita dari tema yang tidak biasa memang bisa menarik perhatian pembaca. Seperti halnya yang ditulis Ainun Nufus dalam novel Baby And Me yang mengisahkan tentang kehamilan di luar nikah. Selain berbeda, pastinya cerita ini juga bikin kamu baper.

Nah, kira-kira, bakal se-baper apa ya ceritanya? Sebelum kamu membuktikan, ikuti dulu #TanyaPenulis bersama Ainun Nufus di bawah ini ya.

Seffisoffi: Halloo Kak, salam kenal. Apa kendala yang Kakak alami saat revisi? Cerita ini terinspirasi dari mana? Lalu, pesan moral apa yang Kakak kasih di novel ini?

Ainunufus: Halo, Seffi. Kendalanya adalah aku harus menulis ulang cerita ini karena naskah asli di Wattpad itu berantakan. Tapi prosesnya menyenangkan karena editornya asyik. | Cerita ini terinspirasi dari banyaknya berita orang hamil di luar nikah lalu digugurkan bahkan ada yang ibunya tega membunuh bayinya setelah lahir. | Pesan moralnya: Jadilah orang yang merangkul dalam hal kebaikan. Bahwa kejadian ibu yang membunuh anaknya sebenarnya bisa dihindari ketika orang-orang di sekitar saling menyayangi dan peduli. Jadi cerita ini bukan hanya tentang pertanggungjawaban si Ayah atau si Ibu atas kesalahan lalu selesai tapi ada orang-orang di sekitar yang ikut berperan serta sehingga sang baby itu bisa menikmati indahnya dunia.

Putrii_sucieyantie: Hay, Kak. Apa yang menjadi inspirasi Kakak ketika menulis novel Baby and Me ini? Butuh waktu berapa lama dari mulai rencana hingga selesai menulis novel ini? Apa kendala terberat yang Kakak alami selama menjadi penulis? Terima kasih, Kak.

Ainunufus: Hay hay… Inspirasi dari banyaknya berita ibu yang membunuh bayinya. | Berapa lama aku lupa karena ini cerita pertamaku, tapi kalau ditanya lamanya proses menulis ulang cerita ini sampai selesai edit dengan editorku yang sabar banget adalah dua bulan. Hahahhaa…. | Kendalanya adalah aku harus menulis ulang cerita ini, karena cerita awal di Wattpad itu super berantakan. Aku dikasih waktu satu bulan untuk bikin cerita baru dengan premis yang sama.

Arin_husnadear: Kak, pernah gak berada di masa-masa stagnan dalam menulis, hampa, gak punya ide sama sekali. Kalau sudah begitu, bagaimana cara baliknya?

Ainunufus: Halo Arin… pasti ada tapi itu bukan alasan buat berhenti nulis. Kalau aku biasanya jalan, main sama temen, nonton drakor, dan yang paling penting jadi penulis itu jangan malas baca. Biar ide lancar. Hehehhee.

Isty_novianty: Halo, Kak. Apa tantangan Kakak dalam menyeselesaikan novel Baby and Me?

Ainunufus: Tantangannya aku diberi waktu satu bulan untuk menulis ulang cerita ini karena aku nggak pede dengan cerita asliku di Wattpad yang super berantakan. Wkwkwkk….

Nadia.dkz: Assalamualaikum, Kak. Aku mau tanya nih Kak, pertama kali nulis cerita ini rasanya bagaimana? Hambatan-hambatan apa aja yang terjadi selama proses penulisan dan penerbitan? Lalu, bagaimana cara Kakak menghidupkan sebuah cerita? Ada gak sih fase-fase di mana Kakak stuck, banyak pikiran, banyak kegiatan, dan gak bisa mikir, gak bisa berimajinasi untuk menulis, apa hal yang Kakak lakukan untuk mengatasi hal itu? Terus waktu cerita ini belum diterbitkan, Kaka yang ngirim ke GagasMedia atau sebaliknya? Perasaan Kakak bagaimana sih waktu novel ini mau diterbitkan?

Ainunufus: Waalaikumsalam… waktu nulis cerita ini asyik aja. | Cara menghidupkan cerita kalau aku dari dialog. | Untuk mengatasi stuck, aku baca, main, nonton drakor, dengerin musik. |GagasMedia yang memberi tawaran luar biasa. | Perasaannya pasti bahagia banget karena dulu aku hanya menikmati novelnya GagasMedia. Ibarat cowok sama cewek nih, dulu aku cuma bisa mandangin dia dari jauh, eh sekarang kami jadian *eaaaa.

Dumzcharming: Kan Baby and Me dulunya berawal dari Wattpad, so pasti banyak dong yang baca sebelum dijadikan bentuk fisik. Bagaimana kiat Kakak menanggapi para pembaca yang lebih suka ceritanya saat di Wattpad dibanding setelah dalam buku fisik? Dan bagaimana cara Kakak untuk menarik pembaca agar memiliki Baby and Me dalam bentuk fisik?

Ainunufus: Suka itu relatif jadi nggak masalah misal ada yang lebih suka versi Wattpad. Cara menariknya, aku selalu membuat dua versi ending dan penambahan part entah di tengah atau di akhir, jadi pembaca ingin membaca versi fisik.

Callmeinsan: Sore Kak, aku mau tanya kenapa Kakak lebih ‘nyaman’ menulis dengan tema yang dewasa? Terus, untuk judul sendiri, kenapa Kakak memilih judul itu daripada judul lain, dengan gambar cover seperti itu?

Ainunufus: Sebenarnya aku nulis genre teenlit juga. Hanya saja karena aku udah dewasa jadi nulis tema romance dewasa lebih mudah nulisnya. Banyak yang bisa diambil sebagai referensi di sekitarku. | Karena judul itu yang menurutku tepat tentang Baby dan Me (si ibu, ayah, orang di sekitar yang sayang pada si baby). | Karena kasur menurutku menggambarkan keluarga hehehehe….

Winterinnight_: Salam kenal Kak. 1. Apa yg dibutuhkan sebuah buku agar digemari oleh pembaca lokal? 2. Apa tema favorit Kak Ainun sebagai penulis?

Ainunufus: Halo… 1. Melihat pangsa pasar, siapa yang dituju, kalau hanya pangsa lokal itu kurang spesifik. Misal, agar digemari remaja maka tulisannya harus kekinian. 2. Romance.

Dark.pages9: Saya memiliki beberapa buku indie karya Kakak dan semuanya bergenre romance. Menurut Kakak sendiri apa sih kelebihan novel Baby and Me ini dibanding novel pendahulunya? Dan menurut Kakak mengapa buku Baby and Me ini harus dibaca oleh penggemar romance?

Ainunufus: Kelebihannya sudah melewati proses editing, banyak pesan moralnya, dan sweet karena sosok Biyan dan Dava.

Dradikta Hai…. Apa bedanya Baby and Me di Wattpad dan cetak?

Ainunufus: Banyak, karena Baby and Me versi fisik itu ditulis ulang ceritanya dengan isi yang berbeda.

She_spica: Hallo, Kak. Saya sudah lama mau nanya; dari semua novel-novel Kakak yang saya tahu, dan satu pernah saya baca, termasuk Baby and Me ini, bergenre romance. Apa Kak Ainun gak ada niatan untuk menulis genre lain yang lebih menantang? Entah genre apa, yang pasti semacam genre yg bisa membuat Kak Ainun keluar dari zona nyaman?

Ainunufus: Sebenarnya bukan masalah zona nyaman tapi aku penyuka romance. Jadi semacam aku penyuka K-Pop lalu diminta dengerin lagu Rock. Bisa bayangkan, kan? Hehhee.

Baby And Me sudah bisa kamu dapatkan di toko buku terdekat, atau unduh ebook-nya di Play Store. Selamat membaca!

Silakan Tinggalkan Komentar

More news