Tip Penting Melindungi Komputer dari Virus

Tip Penting Melindungi Komputer dari Virus

Virus. Apa pun bentuknya, tetap saja menyebalkan. Jangankan virus yang bisa menyerang tubuh manusia, menghadapi virus komputer pun cukup membuat panik. Komputer bisa melambat, atau data yang kita miliki pun bisa raib seketika.

Virus. Apa pun bentuknya, tetap saja menyebalkan. Jangankan virus yang bisa menyerang tubuh manusia, menghadapi virus komputer pun cukup membuat panik. Komputer bisa melambat, atau data yang kita miliki pun bisa raib seketika.

Virus komputer memang bisa datang dari mana saja. Namun, kamu jangan khawatir. Jika mengikuti 12 poin di bawah ini, siapa tahu kamu bisa melindungi komputermu dari serangan virus yang menyebalkan itu.

  1. Tindakan preventif adalah lebih baik daripada mengobati saat telah terjangkit. Tingkatkan kehati-hatian kamu terhadap media dari luar yang terhubung ke komputermu. Flashdisk misalnya. Pastikan kamu selalu menscan sebelum membukanya.
  2. Matikan fungsi autorun. Sebuah hal penting yang bisa kamu lakukan untuk pencegahan awal.
  3. Monitor komputermu sesempat mungkin. Terkadang ada virus yang doyan nongkrong di komputermu tanpa kamu ketahui dia ada atau tidak. Beruntung jika cuma virus, jika itu trojan bisa tamat komputermu dikendalikannya.
  4. Hati-hati mengklik file jika komputermu sudah pernah terinfeksi virus. Jangan sampai kamu sendiri yang menghidupkannya kembali.
  5. Dunia online itu mengasyikkan sekaligus membahayakan. Ingat, selalu waspada di dunia online. Jangan cepat tertipu oleh tawaran-tawaran aneh, e-mail berisi attachment aneh, ataupun men-download program aneh karena mungkin saja hal tersebut bisa membahayakan komputermu.
  6. Trojan biasanya banyak yang berasal dari situs porno atau download software bajakan. Jangan kunjungi situs seperti itu karena kemungkinan besar adalah jalan trojan untuk menyusup.
  7. Jika kamu benar-benar awam di bidang IT, nggak penting bagi kamu untuk mempelajari script virus. Jadi cukup pelajari logika yang dipakai si virus, misalnya resgistry yang mana saja akan dimanipulasi olehnya dan di mana dia akan menggandakan diri. Semua itu tidak butuh kejeniusan, tetapi ketekunan.
  8. Backup datamu setiap bulannya karena kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi ke depan.
  9. Manfaatkan tool-tool penyelamat sebelum kamu memutuskan untuk menginstall ulang komputermu.
  10. Jalan terakhir jika flashdisk-mu tidak bisa dibersihkan dari virus adalah memformatnya.
  11. Pasang antivirus dan pastikan selalu update agar resikonya semakin berkurang.
  12. Aktiflah mencari informasi seputar malware di majalah-majalah atau internet.

Nah, kalau kamu mau tahu lebih dalam soal pencegahan terhadap virus komputer tapi kamu nggak terlalu paham soal dunia IT, buku Membasmi Virus Komputer Tak Perlu Pinter yang ditulis oleh Putu Hadi bisa menjadi solusinya.

Buku yang diterbitkan GagasMedia ini membahas beberapa poin penting seputar cara membasmi virus komputer, di antaranya membasmi virus tanpa antivirus, mengembalikan file yang hilang atau rusak karena virus, dan cara menghabisi semua virus seperti Maxtrox, Freemine, hingga Conficker.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

jakbook 2022