Tirta Prayudha: Newbie Gadungan dengan Segudang Pengalaman

Tirta

“Aduh, menjelang bukunya terbit perasaannya jadi makin nggak keruan, nih. Excited, deg-degan, takut, seneng. Semuanya campur aduk.” Itulah yang dirasakan Tirta Prayudha, penulis Newbie Gadungan saat ditanya GagasMedia via surel.

 

Tirta

“Aduh, menjelang bukunya terbit perasaannya jadi makin nggak keruan, nih. Excited, deg-degan, takut, seneng. Semuanya campur aduk.” Itulah yang dirasakan Tirta Prayudha, penulis Newbie Gadungan saat ditanya GagasMedia via surel.

FYI, Newbie Gadungan berisi tentang pengalaman aneh Tirta saat mencoba hal-hal baru, dari masuk TV sampai nyoba makan daging ular, yang dikemas secara komedi. Lalu, kenapa judulnya Newbie Gadungan, ya?

“Judulnya itu hasil diskusi sama editor dan pihak Gagas juga sebenarnya. Kita sempat ribet nyari judul yang catchy sekaligus menangkap ide besar buku ini,” kata cowok kelahiran Medan, 15 April 1988 ini. “Dan, karena saya suka nyoba hal-hal baru, jadi statusnya akan selalu newbie,” tambahnya.

Namun, status newbie tidak berlaku untuk karier menulis Tirta. Menurut cowok yang bercita-cita menikahi salah satu kontestan Puteri Indonesia ini, ia sudah akhif menulis blog sejak 2006 dan pada 2013 penawaran untuk membuat sebuah buku pun datang dari GagasMedia.

“Awalnya, setelah ngasih outline dan disetujui editor, saya mulai menyusun cerita besarnya,” kata Tirta menceritakan awal proses kreatif pembuatan bukunya itu. Selanjutnya, ia pun mulai menentukan cerita apa yang akan ditulis dan kesan setelah mengalami kejadian tersebut.

“Karena pengalaman-pengalamannya sendiri udah aneh, jadi ceritanya sih sebenarnya udah lucu. Tapi saya tahu itu nggak cukup, akhirnya ceritanya dipoles lagi,” ungkap cowok yang hobi jalan-jalan ini.

Ia pun melakukan banyak hal agar cerita yang ia tulis menjadi lebih baik dan menarik untuk dibaca. Mulai dari memperhalus plot, menambahkan lelucon agar jalan ceritanya tidak mudah ditebak, melakukan self editing, memperbanyak referensi dengan nonton stand up comedy, hingga membaca ulang apa yang ia tulis.

Melalui bukunya ini, Tirta ingin mengungkapkan bahwa tidak ada salahnya sesekali keluar dari zona nyaman. Pengalaman-pengalaman aneh yang Tirta pernah lakukan menjadikan hidupnya lebih berwarna.

“Intinya, saya hanya ingin berbagi pengalaman, tanpa berusaha menggurui orang lain,” kata cowok yang sedang menyusun buku keduanya.

Oke, deh, Tirta. Sukses dengan Newbie Gadungan-nya ya!

fun fearless