Yang Terbaru dari Clara Canceriana: You Are My Sunshine

Clara

ClaraNama Clara Canceriana memang tidak bisa dibilang baru di dunia tulis-menulis. Rain Affair dan If You Were Mine adalah dua novel Clara yang diterbitkan GagasMedia. Kini, di tahun 2013, Clara hadir kembali dengan novel terbarunya dengan judul You Are My Sunshine.

Secara garis besar, novel You Are My Sunshine menceritakan tentang cinta antara Ryouta—seorang turis Jepang dan Kristal—seorang dosen honorer sastra Jepang. Di dalamnya terdapat banyak kejadian yang cukup memancing emosi dan menyentuh perasaan.

Perbedaan menyolok pun cukup terlihat dari dua novel Clara sebelumnya. Menurut perempuan lulusan Sastra Jepang ini, keistimewaan novel tersebut terletak pada latar kehidupan karakternya.

“Kalau Lea di apartemen dan Sica di perumahan mewah, Kristal ini tinggal di gang sempit yang lingkungannya konservatif,” kata Clara saat ditanya melalui surel. “Aku juga memasukkan potret budaya Jepang yang ada di Indonesia, khususnya Jakarta. Hal mengenai budaya ini tidak ada di dua novel yang dulu,” tambahnya.

you-are-my-sunshineIde cerita & proses kreatif
Bukan hal baru jika ide dari sebuah cerita bisa didapat dari mana saja, termasuk harapan orang lain. Hal inilah yang mendasari hadirnya novel You Are My Sunshine.

“Awalnya karena pernah melihat harapan seseorang di sebuah forum. Ia ingin sekali dijodohkan sama orang Jepang. Jadi, ya, kira-kira, menulis You Are My Sunshine ini semacam menuangkan harapanku juga,” kata penyuka drama ini.

Sedangkan mengenai proses di balik penulisan novel ini, Clara mengaku memakai cara riset yang berbeda dengan novel sebelumnya.

“Untuk You Are My Sunshine aku lebih banyak melihat apa yang terjadi di sekelilingku, khususnya mengenai orang-orang Jepang. Aku mencoba bergaul dengan mereka walau bahasa Jepangku masih belum fasih,” ucap pemilik blog duniakura2.blogspot.com ini.

Nah, jika bincang-bincang di atas belum memenuhi rasa penasaranmu, segera saja baca novel terbaru Clara ini. Bersiaplah untuk dibuat penasaran, gregetan, dan terharu karenanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

jakbook 2022