Book Launch: Buku Pintar Cewek Juara by Zivanna Letisha

bpcj3

bpcj3“Selamat untuk Zizi atas terbitnya buku ini,” itulah sapaan pembuka dari perwakilan Yayasan Putri Indonesia, Kusuma Dewi, pada acara launching Buku Pintar Cewek Juara karya Zivanna Letisha, Putri Indonesia 2008, yang berlangsung Sabtu (25/5) di Tryst’s Living, Kemang, Jakarta Selatan.

Selain ucapan selamat, Kusuma Dewi juga menyampaikan bahwa untuk menjadi juara bukan hanya sebatas keinginan dan pengetahuan saja. Tetapi juga kerja keras. Dan, hal itu pula yang dilihat oleh Kusuma Dewi dari sosok Zizi selama berada di karantina untuk mengikuti ajang Putri Indonesia.

Selepas sapaan pembuka dari perwakilan YPI, para tamu undangan yang datang dari berbagai kalangan ini diajak untuk melihat demo kecantikan persembahan dari Mustika Ratu dengan tema ‘Tampil Cantik dalam 10 Menit’. Demo kecantikan yang dipandu oleh Lissie ini sebenarnya merupakan make up profesional, namun sangat ringan. Dengan begitu siapa pun bisa menggunakannya.

bpcj2Selain demo kecantikan, acara dilanjutkan dengan kehadiran dua sahabat Zizi—sapaan akrab Zivanna Letisha—yaitu Archie Wirija dan Ririn. Tidak hanya memberikan ucapan selamat, mereka berdua mempersembahkan dua buah lagu untuk Zizi. Sontak, tepuk tangan pun ramai terdengar.

Setelah beberapa penampilan di atas, sosok Zizi hadir di tengah-tengah acara. Obrolan pun dibuka dengan pertanyaan seputar pembagian waktu di sela-sela kesibukan Zizi. Menurut Zizi, ia selalu menyempatkan diri untuk ngobrol dengan penulis lain dan editor bukunya. Ia ingin masyarakat tahu bahwa buku ini merupakan 100% karya Zizi.

Secara garis besar, buku ini berisi pengalaman Zizi dalam mengikuti beberapa kompetisi dan kiat-kiat suksesnya memenangkan kompetisi tersebut. Melalui buku ini, pemenang ELITE Model Look 2006 ini juga mengajak pembaca untuk memahami potensi diri dan menyadari bahwa mereka juga bisa menjadi cewek juara dengan memiliki winning image dan winning behavior tanpa harus mengikuti dan menjadi pemenang dalam kontes kecantikan.

bpcj1Proses kreatif pembuatan Buku Pintar Cewek Juara
Selain menceritakan isi bukunya, Zizi juga mengungkapkan bagaimana proses kreatif pembuatan buku tersebut. Menurutnya, tidak mudah menyampaikan sebuah pesan tapi tidak menggurui.

“Saya ingin pembaca tidak merasa tertekan kalau membaca buku saya,” begitu ungkapnya. Ia pun menyadari, bahwa posisi dirinya dan pembaca di sini sama-sama masih belajar.

“Lantas, mengapa memilih judul Buku Pintar Cewek Juara?” kata Thya, MC acara ini. Menurut Zizi, judul tersebut merupakan ide dari sang editor. Judulnya sangat mewakili ini bukunya.

Setelah asyik berbincang dengan perwakilan Indonesia di ajang Miss Universe 2009 ini, acara pun dilanjutkan dengan talkshow bersama lima cewek juara: Andra—lulusan Cumlaude UI Jurusan Arsitektur angkatan 2007, Finalis Abang None Jakarta 2012, asisten dosen, editor buku, dan peraih Silver medal for Woman Basketball in 25th Bienial Intervarsity Games 2012; Maria—Trainer Disaster Risk Reduction untuk LSM Germany, Wartawan Media Indonesia, relawan Indonesia Mengajar-penempatan Kp. Arguni, Fakfak, Papua Barat, penulis dan facilitator lepas, dan anggota Wanadri Women Series Expedition ke Gunung Elbrus di Rusia; Cyntia—a start-up entrepreneur; Asky—designer muda lulusan Esmod dan La Salle dan pemilik clothing line ASK by Asky; dan Andhika—penderita Lupus sejak usia 17 tahun yang berhasil melalui berbagai tahapan operasi dan tetap menomorsatukan sekolah.

Puncak acara launching ini ditutup dengan penyerahan Buku Pintar Cewek Juara yang dilakukan secara simbolis oleh Resita, Redpel GagasMedia kepada Zivanna Letisha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.