Lima Mengapa untuk Sebuah Alasan Mendasar

Lima Mengapa untuk Sebuah Alasan Mendasar

Hidup bagaikan rantai makanan yang saling berkaitan. Di tiap pilihan yang ditentukan terdapat alasan-alasan yang melatarbelakanginya. Setelah semua alasan menyatu, akhirnya kita pun sampai pada satu kesimpulan.

Ya, hidup memang penuh dengan banyak alasan. Dan, alasan-alasan inilah yang diibaratkan sebagai bunyi peluit oleh Fahd Djibran.

“Ada banyak peluit, ada banyak alasan,” seperti yang tertulis dalam buku terbarunya—Curhat Setan—di halaman 14. “Seseorang, aku, kau, kita, digerakkan oleh sebuah peluit. Sebuah alasan,” ungkap Fahd pada halaman berikutnya.

Kita semua memang memiliki alasan. Begitu pula Fahd. Meski terkadang, tidak semua orang tahu alasan sebenarnya, mengapa kita akhirnya merasa terdorong untuk melakukan sesuatu.

Namun, Fahd memiliki rumus sederhana untuk mengetahui alasan mendasar dari apa yang kita lakukan atau kita pilih: tanyakanlah dengan “lima mengapa”.

Menurut Fahd dalam buku yang diterbitkan GagasMedia ini, “lima mengapa” konon penting ditanyakan pada diri kita untuk menguji alasan mendasar yang membuat kita melakukan atau memilih sesuatu. Meski lima mengapa memang bukan perangkat yang bisa menjaminmu menemukan alasan yang paling fundamental, tapi setidaknya “lima mengapa” akan cukup membantumu untuk mulai menyadari dan menemukan alasan paling penting yang berada di balik keputusan-keputusan dan prinsip-prinsip hidupmu.

Lantas, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah mengetahui berbagai macam alasan dari pilihan yang kamu buat selama ini?

*****

Sama seperti buku sebelumnya yang berjudul A Cat In My Eyes, Fahd masih menelusuri siklus kehidupan dan menyelami tiap perasaan yang pernah ia rasakan. Di buku terbarunya ini, Fahd mengajakmu berselancar memasuki berbagai sensasi perasaan, badai pikiran, kejutan takdir, kebetulan-kebetulan yang rapi, intervensi pahala dan dosa, dan apa saja yang selama ini membuat kita heran dan bertanya-tanya: ada (si)apa di balik hidup? Apa yang diinginkan hidup?

Fahd mengajakmu untuk turut merasakan cintanya terhadap seseorang melalui sebait kata, dan ia juga mengantarkanmu untuk menjelajah lebih jauh apa makna sebuah alasan di balik keputusan-keputusan yang diambilnya. Apakah kamu juga merasakan seperti yang ia katakan? Kamu tidak akan mengetahuinya sebelum mendengarkan Curhat Setan.

*****

Ingin ngobrol lebih dalam bersama Fahd? Add link group Curhat Setan di http://www.facebook.com/group.php?gid=181809080994.

Leave a Reply

Your email address will not be published.