Memberikan Warna pada Teks dengan CorelDRAW

Memberikan Warna pada Teks dengan CorelDRAW

Bosan dengan desain yang itu-itu saja? Ingin sesuatu yang lebih unik atau menarik walau desain yang kamu bikin hanya berupa tulisan tanpa gambar apa pun? Tenang saja, berkreasilah dengan CorelDRAW.

Mungkin kamu pernah melihat sebuah tampilan web yang sangat unik. Atau, kamu pernah menemukan desain sebuah T-shirt, logo, stiker, undangan, dan sebagainya yang sangat menarik. Jika iya, kamu juga bisa membuatnya sendiri kok.

Caranya mudah saja. Berkreasilah dengan CorelDRAW. Melalui program ini, banyak hal yang bisa kamu lakukan, terutama untuk keperluan desain mendesain. Selain bisa digunakan untuk membuat berbagai macam objek dan editing foto, melalui program ini kamu juga bisa berkreasi dengan desain-desain yang berupa teks saja.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan dengan sebuah teks adalah dengan menambahkan warna. Caranya? Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Ketik teks yang ingin kamu tuliskan dengan jenis font yang kamu inginkan.
  2. Klik Smart Fill Tool pada toolbox, lalu pilih warna yang kamu sukai di Fill Colour pada Property Bar.
  3. Kemudian klik pada huruf yang kamu tulis.
  4. Dengan cara yang sama, lakukan pada huruf-huruf lainnya.
  5. Setelah selesai mewarnai seluruh huruf, klik menu Bitmaps lalu Convert to Bitnmap.
  6. Pada kotak dialog Convert to Bitmap yang muncul ubahlah Resolution, Color mode, beri ceklis Apply ICC Profile, Anti aliasing dan Transparent Background, lalu tekan OK.
  7. Klik menu Bitmaps > 3D Effects > Emboss, untuk memberi efek timbul.
  8. Aturlah Depth, Level, Direction, dan Emboss color, lalu tekan OK.
  9. Klik menu Bitmaps > Camera > Diffuse, kemudian atur Level, lalu tekan OK.
  10. Klik menu Bitmaps > Blur > Smooth, untuk memperhalus tampilan seluruh fill-nya, kemudian atur Percentage, lalu tekan OK.
  11. Klik menu Bitmaps > Blur > Soften, untuk memperhalus outline-nya, kemudian atur Percentage, lalu tekan OK.
  12. Bukalah Blend tool, lalu pilih Drop Shadow tool, jika kamu mau menambahkan efek shadow pada tulisanmu.
  13. Klik di tengah-tengah teks kemudian drag ke atas.
  14. Jangan lupa untuk menentukan Drop Shadow Opacity dan Drop Shadow Feathering pada Property bar.

Gimana, simple kan?! Tidak hanya memberikan warna pada teks saja yang bisa kamu lakukan dengan program CorelDRAW ini. Kamu juga bisa membuat fill teks dengan PowerClip, membuat macam-macam efek, seperti efek shadow, kobaran api, cat luntur, dan sebagainya.

Penasaran? Baca saja buku Desain Keren dengan CorelDRAW karya Catur HP yang diterbitkan oleh GagasMedia. Melalui buku ini, kamu juga bisa mengenal dan menguasai berbagai tools untuk menggambar objek, hingga membuat aneka modifikasi foto. Lebih asyik kalau kamu bisa mempraktikkannya secara langsung sambil mengamati bonus CD-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

jakbook 2022