Mempercantik Tampilan Slide Presentasi dengan PowerPoint

Mempercantik Tampilan Slide Presentasi dengan PowerPoint

Banyak cara untuk membuat presentasimu terlihat lebih menarik! Salah satunya dengan menambahkan tema desain dan background di dalam slide presentasi dengan menggunakan PowerPoint.

PowerPoint merupakan salah satu program yang paling banyak digunakan orang untuk presentasi. Selain mudah dan andal, program ini juga terkenal cepat untuk pembuatan aplikasi presentasi. Maka jangan heran jika kamu melihat sebuah presentasi dengan slide yang mengagumkan.

Sebenarnya, masih banyak hal yang bisa kamu eksplor lebih dalam di program ini. Salah satunya dengan menambahkan tema desain dan background pada slide presentasi. Dengan begitu, slide presentasimu yang tadinya terlihat biasa saja, jadi lebih menarik dan cantik saat dibaca.

Penasaran dengan cara membuatnya? Berikut adalah tahapan-tahapannya.

  1. Aktifkan ribbon Design, kemudian tekan More (grup Themes) pada menu yang muncul, lalu pilih Trek.
  2. Pada grup Background, pilih Background Styles dan pilih Style 4.
  3. Pada grup Theme, klik Effects lalu pilih Solstice pada menu yang muncul.
  4. Tekan F5 untuk menjalankan presentasi ini.

Nah, setelah sukses mengganti tema desain dan background, tambahkan animasi dan suara transisi pada slide presentasimu. Pastinya akan lebih menarik lagi. Berikut adalah caranya.

  1. Aktifkan slide pertama.
  2. Klik ribbon Animations, kemudia tekan More pada grup Transition to This Slide.
  3. Pada menu yang muncul pilih Shape Diamond.
  4. Masih pada grup Transition to This Slide. Ganti menjadi Cash Register pada bagian Transition Sound, untuk memberikan efek suara saat transisi dijalankan dan Slow pada bagian Transition Speed, agar perpindahan antarslide menjadi pelan.
  5. Setelah itu, tekan Apply To All, untuk menerapkan settingan yang sama pada semua slide.
  6. Kembali aktifkan slide pertama.
  7. Masih pada ribbon Animation, tekan More pada grup Transition to This Slide.
  8. Pilih Wheel Clockwise, 8 Spokes, pada menu yang muncul.
  9. Terakhir jalankan presentasi dengan menekan tombol F5.

So, gimana, mudah kan membuatnya? Nah, kalau mau tahu lebih dalam soal aplikasi menarik lain dari PowerPoint, coba deh baca buku Presentasi Kreatif dengan PowerPoint 2007 yang ditulis oleh Catur HP terbitan GagasMedia.

Buku ini mengajak kamu untuk berkreasi dengan teks, gambar, WordArt, animasi, audio, dan video saat membuat presentasi dengan menggunakan PowerPoint 2007. Tidak hanya itu, kamu pun bisa mengemas presentasimu ke CD dan mempublikasikannya ke internet, serta tip-tip dalam mengoperasikan PowerPoint 2007. Jangan lupa untuk membedah bonus CD-nya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.