Memublikasikan Workbook ke Internet

Memublikasikan Workbook ke Internet

Kamu tentunya nggak asing dengan salah satu Microsoft Office ini: Microsoft Excel. Microsoft Excel biasa digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan angka ataupun tabel.

Seperti halnya Microsoft Office yang lain, Microsoft Excel juga memiliki banyak fitur yang dapat membantu kamu mengefisienkan semua pekerjaan yang berhubungan dengan angka. Nah, setelah kamu selesai mengerjakan tugasmu dalam sebuah workbook, masih banyak fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan.

Salah satunya adalah dengan memublikasikan workbook yang kamu bikin ke internet. Dengan kata lain, kamu bisa menempatkan workbook itu ke penyedia layanan web hosting, baik yang gratis maupun berbayar agar bisa tersebar luas.

Nah, agar workbook kamu bisa disimpan di layanan web hosting yang sudah kamu pilih, terlebih dahulu kamu harus menjadikan file workbook kamu dalam format HTML. Dengan format inilah workbook kamu nantinya bisa ditampilkan oleh browser di internet.

Untuk memublikasikannya, ikuti cara-cara di bawah ini.

  1. Buka workbook yang sudah berisi data.
  2. Klik Microsoft Office Button > Save As atau tekan F12.
  3. Di kotak dialog Save As, tentukan folder atau drive untuk menyimpan file. Kemudian ketikkan nama file pada kolom File name, lalu ubahlah bagian Save as type menjadi Web Page.
  4. Pada bagian Save, pilih Entire Workbook jika ingin semua worksheet dipublikasikan, tapi jika ingin worksheet yang aktif saja, pilih Selection Sheet.
  5. Tekan Change Title…, jika ingin memberikan judul halaman pada browser bar, lalu tekan OK.
  6. Terakhir tekan Save. Jika muncul kotak dialog konfirmasi tekan Yes untuk menyetujuinya.
  7. Setelah kamu melihat tampilan workbook pada browser secara offline, selanjutnya kamu tinggal meng-upload file tersebut ke layanan web hosting yang sudah kamu pilih untuk dipublikasikan secara online.

Memublikasikan workbook di internet hanyalah salah satu fitur yang bisa kamu manfaatkan dari Microsoft Excel. Kalau mau tahu lebih lengkap, baca deh  Buku Cepat Pintar Kuasai Microsoft Excel 2007 yang ditulis oleh Catur HP.

Melalui buku terbitan GagasMedia ini, kamu bisa menghitung data dengan kriteria tertentu, menyembunyikan data sebelum dicetak, mengatur tampilan workbook, membuat background worksheet, dan mencari informasi di internet melalui excel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.