Mencermati Dokumen-dokumen Beasiswa

Mencermati Dokumen-dokumen Beasiswa

Menikmati kuliah di universitas favorit di luar negeri ternyata nggak susah-susah amat kok. Salah satunya, kamu bisa menempuh jalur beasiswa.

Yap, di luar sana, memang banyak program beasiswa yang disediakan baik oleh pemerintah ataupun swasta. Kamu tinggal cari tahu informasi lengkapnya dan apply deh! Gampang kan?!

Tapi… jangan salah, di balik kemudahan mengajukan beasiswa ini, ada beberapa hal yang harus kamu pahami dengan teliti. Salah satunya saat mengumpulkan kelengkapan dokumen yang harus disertakan di dalam aplikasi beasiswa.

Dokumen utama yang harus disertakan adalah ijazah terakhir dan transkrip nilai, dengan IPK, yang at least, bisa memenuhi persyaratan minimal. Jangan lupa untuk melegalisir ijazah dan transkrip nilai kepada pihak sekolah atau universitas kamu.

Dokumen lain yang cukup penting adalah surat rekomendasi (letter of recommendation) dari dosen dan / atau supervisor di kantor, Motivation of Statement (pernyataan atas motivasi), Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae), tes kemampuan bahasa (TOEFL/IELTS), dan akte kelahiran.

Semua dokumen itu, haruslah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya jika kamu ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri. Setelah diterjemahkan, dokumen itu harus pula dilegalisasi oleh pihak universitas atau penerjemah.

Setelah dokumen yang dibutuhkan terpenuhi persyaratannya, buruan deh kirim aplikasi beasiswa tersebut ke universitas yang kamu inginkan.

Gimana, udah ngerti kan?! Kalau kamu merasa ingin tahu lebih dalam mengenai beasiswa ini, baca aja buku Winning a Scholarship karya Erny Murniasih yang diterbitkan oleh GagasMedia.

Buku ini berisi banyak hal yang berkaitan dengan beasiswa. Mulai dari daftar lembaga dan website penyedia beasiswa, tip dan trik sukses wawancara beasiswa, informasi tentang TOEFL dan IELTS, hingga daftar universitas favorit di dunia, serta trik lolos beasiswa ke sana! Banyak kan?! Makanya, buruan baca! Oh ya, buku ini juga dilengkapi dengan CD yang berisi contoh formulir aplikasi beasiswa untuk latihan dan contoh statement of purpose.

Profil penulis:
Erny Murniasih, wanita yang akrab dipanggil Nenny ini suka banget sama nulis dan baca. Pegawai negeri Depkeu ini memiliki cukup banyak pengalaman dalam mendapatkan beasiswa. Terbukti, Nenny sendiri pernah mengenyam pendidikan program D3 Keuangan, Depkeu (1993 – 1996), program S2 The British Chevening Award (2005/2006), dan mengikuti program short course bidang Intergovermental Fiscal Relations di Hongaria (2006). Kontak website: http://about-scholarship.com. Email: emurniasih1976@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.