Cerita Seru, Bankir VS Nasabah

Cerita Seru, Bankir VS Nasabah

Apa yang terlintas dalam pikiranmu ketika mendengar kata bankir? Pastinya nih, rapi, formal, ramah, fresh look, cantik, keren, gaji gede, bahagia sejahtera lahir dan batin.

Tapi buat Ichanx, mungkin tidak. Critanya Ichanx ini pernah berprofesi menjadi seorang bankir. Sayangnya, ia nggak ditempatkan di kota besar, melainkan di suatu daerah bernama Tarakan, di Kalimantan Timur. *Di mana itu yah?! Sepertinya jauh.*

Ternyata, menjadi pegawai bank di daerah memberikan pengalaman unik yang bikin Ichanx tertawa, teriak, dan pastinya emosi jiwa. Apalagi saat harus berhubungan dengan nasabah. Bekerja di bidang jasa pelayanan, syaratnya, harus mampu melayani dengan kesabaran superekstra. Tapi, apakah Ichanx penyabar? Mari kita simak!

One day, Ichanx harus berhadapan dengan salah satu nasabah yang ampun-ampunan bawelnya. Pak Budiman namanya. Pak Budiman ini salah seorang nasabah prioritas, yaitu nasabah dengan total dana mencapai beberapa miliar rupiah di bank tempat Ichanx bekerja. Sebagai nasabah prioritas, Pak Budiman selalu dapat layanan spesial. Misalnya, nggak perlu repot antre tiap mau transaksi. Kalau ada anggota kelurganya yang ultah, selalu ada kiriman bingkisan ke rumahnya atas nama kantor. Pokoknya, pelayanan istimewa banget deh.

Rupanya, fasilitas ini bikin si Bapak keenakan dan aji mumpung. Sifat aslinya yang bikin Ichanx kesel ampe ke ubun-ubun mulai terlihat. Biaya materai senilai enam ribu perak saja dia ogah bayar, juga menolak bayar biaya transfer antarbank. Pekerja bank di sana hanya bisa diam ketika Pak Budiman menolak membayar semua ongkos yang nggak seberapa itu. Gimana nggak diem, selalu aja dia mengeluarkan kata-kata mautnya, “Terserah… kalo kamu nggak mau, saya bisa pindahkan semua dana saya ke bank lain!” *HRGGH! Tanduk Ichanx mulai muncul.*

Sampai suatu saat, Ichanx mendapatkan kelakuan Pak Budiman yang udah keluar batas. Ia bertransaksi “melanggar hukum” secara terbuka. Alhasil, Ichanx pun menolak transaksi itu. Sontak, Pak Budiman murka. Galaknya banget. Tapi, hhh… Ichanx bisa lebih galak dari Bapak menyebalkan ini. Dan, pertempuran pun terjadi. Hasilnya, sungguh di luar dugaan. Ckckck… Chanx… untung belom dipecat kau, Nak.

Untungnya, nasabah kayak Pak Budiman sedikit jumlahnya. Kebanyakan nasabah malah menyenangkan. Ya, nggak semua nasabah nyebelin kok. Mmm… sebagai bankir yang baik, seperti apapun nasabah atau masalah yang dihadapi seharusnya dibawa enjoy aja. Namun, apakah demikian dengan Ichanx? *Hihihi… kok ragu yah*

Pokoknya, masih banyak yang perlu kamu ketahui di balik senyum seorang bankir. Di pulau terpencil apalagi. Mulai dari yang stres sama kerjaan bersitegang sama bos mulu, aksi balas dendam ke seekor ayam yang mengganggunya tiap malam, mau ngantor tapi nggak ada celana dalam. Juga, keluhannya yang nggak kunjung reda, “Kaapan gue dapet ceweek?!” Hehehe… Ni orang emang extraordinary.

Coba deh beberapa pengalaman seru Ichanx di bukunya berjudul Bankir Sesa{A}t; Dibenci Bos, Dimaki Nasabah, penerbitnya GagasMedia. Beberapa tulisan di buku ini tuh postingan cerita Ichanx di http://blog.ichanx.net. Tapi ada juga yang nggak ada di blog. Silakan baca-baca.

Profil penulis:
Ichanx, udah nyaris gak ada lagi yang tau nama aslinya. Pokoknya Ichanx, titik. Umurnya sekarang masih 17 tahun. Oke… Oke… korupsi 11 tahun. Silakan dijumlahin sendiri. Sejauh ini tampaknya masih single dan udah bosen nyari, karena percaya bahwa jodoh di tangan Tuhan…. (Bah! Kok jadi terlihat desperate sih?!)

Penggemar berat sepakbola, dan menjadikan Sandra Dewi sebagai pesepakbola idolanya. Hobi berkebun, beternak, dan merajut. Punya motto “Motto saya Bajaj, baru beli!!!”—mencontek teriakan temen yang baru beli motor—(Motor India aja bangga! Joged Bollywood sanah! Huhu).

Saat ini sedang berpetualang sebagai geologist di rimba Kalimantan, dalam upaya mencari sesuap nasi dan segunung batubara. Sukur-sukur sekalian dapet gadis Dayak yang terkenal cantik dan berkulit putih mulus. Sambil menyelam minum Chivas, betul?

Kalo ngerasa cukup, ya udah deh sekian aja. Kalau belum cukup, gak usah sungkan untuk berkunjung ke http://blog.ichanx.net. SMS yang Anda terima, langsung dari HP saya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

jakbook 2022