Mengatasi Konflik dalam Dunia Kerja

Mengatasi Konflik dalam Dunia Kerja

Mendapatkan pekerjaan di tempat yang diidam-idamkan tentu menyenangkan dong?! Paling tidak, hal itu sesuai dengan kriteria pekerjaan impian yang kita inginkan.

Sayangnya, di manapun kita kerja, kita pasti akan pernah merasakan adanya konflik. Yap, nggak ada seorang pun yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan teman-teman kita di tempat kerja, pasti ada aja yang membuat kita jadi nggak nyaman bekerja.

Konflik itu bisa terjadi karena banyak hal, misalnya perbedaan kepribadian, perbedaan cara pandang, perbedaan tujuan, ataupun perbedaan pemahaman.

Tapi, dengan banyaknya hal yang bisa menyulut konflik, bukan berarti kamu nggak bisa mengatasinya. Berikut ini adalah cara-cara mengatasi konflik yang diusulkan oleh beberapa pakar dalam buku-buku yang mereka tulis.

  • Hindari sumber konflik
    Daniel Robin, seorang penulis buku psikologi & motivasi, dalam artikelnya Strategies for Handling Difficult Workplace Behaviors mengakatakan jika kita dapat melakukan pekerjaan tanpa harus berinteraksi langsung dengan orang yang bisa menimbulkan konflik, lakukan hal ini. Kita tidak perlu menguras tenaga, pikiran, dan waktu untuk mencoba mengubah mereka ataupun mengubah diri kita sendiri. Kita tidak perlu bersusah payah mengatasi rasa kesal, ataupun marah yang muncul karena berurusan dengan mereka.
  • Netralisasi sikap
    Menurut Robin, cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi konflik yaitu menetralisasi sikap kita terhadap orang-orang yang berpotensi menjadi sumber konflik. Kalaupun kita tidak bisa menghindari interaksi dengan orang-orang yang mungkin bisa menyebabkan konflik, yang bisa kita lakukan adalah menetralisasi sikap kita terhadap orang-orang tersebut dengan mengabaikan kebiasaan-kebiasaan buruk mereka yang menyebalkan. Sebaliknya, fokuskan perhatian pada kekuatan orang-orang tersebut dan mencari strategi ampuh untuk memanfaatkan kekuatan mereka untuk mendukung pekerjaan kita. Misalnya, jika orang-orang tersebut seringkali mengkritik pekerjaan kita dan merasa bahwa mereka bisa melakukannya dengan lebih baik dari kita, serahkan saja pekerjaan tersebut kepada mereka, dan kita bisa memfokuskan waktu, tenaga dan pikiran kita untuk mengerjakan pekerjaan yang lain. Dengan demikian lebih banyak pekerjaan yang bisa terselesaikan dari pada kita meladeni kritik mereka yang mungkin akan menyakitkan hati dan menyurutkan motivasi kita untuk bekerja.
  • Ubah sikap kita
    Kita mungkin tidak bisa mengubah orang lain seratus persen, tetapi kita dapat mengubah sikap kita pada pengaruh negatif yang mereka timbulkan.
  • Blending
    Adalah cara yang dilakukan untuk mengurangi perbedaan yang ada, mencari persamaan, dan berangkat dari persamaan tersebut. Kita bisa mencoba mengurangi perbedaan dengan bersama-sama berangkat menuju titik tengah. Cara lain adalah mencari titik persamaan dari sekian perbedaan yang ada. Maksudnya, jika ternyata kita memiliki perbedaan cara pandang tetapi memiliki tujuan akhir yang sama. Kita bisa memfokuskan pada tujuan yang sama tersebut.
  • Understanding
    Cari sumber masalah untuk kemudian memecahkan masalah tersebut bersama. Semua sikap ataupun tindakan serta keputusan yang dilakukan seseorang pasti ada alasannya. Jika kita bisa menemukan atau mencari tahu alasan sebenarnya dari sebuah tindakan, tentu kita akan memahami mengapa seseorang melakukan suatu tindakan yang awalnya tidak kita mengerti. Dari hal tersebut, kita mungkin bisa mencari penyelesaian terhadap permasalahan yang terjadi.

Nah, jika saat ini kebetulan kamu mengalami konflik dalam pekerjaanmu, nggak ada salahnya kok untuk mencoba cara-cara di atas. Siapa tahu, konflik yang sedang kamu hadapi saat ini bisa terselesaikan.

Informasi lebih lengkap mengenai seluk-beluk pekerjaan ini bisa kamu baca dalam buku Kerja Tepat Karier Hebat karya Isa Jatinegara yang diterbitkan oleh GagasMedia. Buku ini merupakan panduan lengkap bagi kamu yang sedang berburu pekerjaan ataupun baru menapaki dunia kerja. Isinya lengkap deh. Mulai dari mengenali jenis-jenis pekerjaan yang meliputi job desk, jenjang karier, dan kisaran gaji, hingga tip & trik menghadapi wawancara kerja ada di dalam buku ini. Dilengkapi contoh soal-soal psikotes dan kunci jawabannya juga, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

jakbook 2022