Mudah Membuat Website dengan Joomla 1.5

Mudah Membuat Website dengan Joomla 1.5

Siapa pun bisa membuat website, tanpa harus mengerti bahasa program seperti ASP, PHP, HTML, Java atau Script. Caranya juga tidak serumit yang dibayangkan, asalkan kamu tahu dan paham dasar-dasar pembuatannya.

Joomla adalah salah satu Web Content Management System (WCMS)—software pengelolaan isi (content) di website—yang memungkinkan kita untuk bisa membuat website tanpa harus mengerti bahasa program.

Untuk memulainya, kamu bisa men-download Joomla secara gratis di http://Joomla.org. Namun sebelum kamu meng-install-nya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah persyaratan:

1) web server. Web server merupakan kunci utama dari sebuah website yang akan dikelola. Web server ini bisa bermacam-macam, seperti Tomcat, IIS, Apache, dan sebagainya. Joomla menyarankan agar kamu menggunakan webserver apache versi 2.x,
2) php. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang berbasiskan web (server side) yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah website. Versi PHP yang disarankan Joomla adalan 5.2. Yang perlu diperhatikan adalah PHP yang akan kita install harus mendukung module MySQL, XML, dan Zlib,
3) mySQL. MySQL adalah sebuah aplikasi database guna menyimpan data-data yang akan disimpan oleh Joomla. Versi yang disarankan Joomla adalah versi 4.4, dan
4) wampserver. Wampserver adalah singkatan dari Windows, Apache, MySQL dan PHP. Wampserver akan mencukupi semua persyaratan yang diminta oleh Joomla. Dengan demikian, tidak perlu lagi meng-install masing-masing aplikasi apache, MySQL, dan PHP.

Nah, setelah kamu memenuhi persyaratan Joomla, barulah kamu install Joomla yang telah kamu download tadi di komputermu. Begitu sukses meng-install Joomla, sekarang waktunya berkreasi membuat website-mu sendiri.

Jangan khawatir soal tampilan atau template-nya. Banyaknya web designer yang menciptakan template Joomla, memudahkan kita untuk menikmatinya secara cuma-cuma. Tetapi, kalaupun kamu mau membuat template sendiri, tidak masalah. Tentunya akan lebih unik dan punya ciri khas sendiri.

Kamu bisa membuat berbagai macam website, seperti website komunitas, website berita, website toko online, website perusahaan atau pun website pribadi dengan menggunakan Joomla 1.5 ini.

So, gimana, masih penasaran dengan Joomla? Ingin tahu lebih dalam tentang Joomla? Baca deh buku Bikin Website Asik ala Joomla 1.5 yang ditulis oleh Indra Meissa. Buku ini sangat cocok bagi kamu yang baru saja ingin membuat website. Dengan proses step by step instalasi Joomla yang terdapat dalam buku ini, semuanya terasa lebih mudah untuk dipelajari. Lihat juga bonus CD-nya. Dengan begitu, semua akan terasa lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

jakbook 2022