Opera yang Belum Terselesaikan Selama 11 Tahun

Opera yang Belum Terselesaikan Selama 11 Tahun

Bertemu teman lama, tentunya menjadi satu hal yang menyenangkan. Apalagi jika sudah berpisah belasan tahun lamanya. Kenangan-kenangan indah saat bersama seolah menggelitik untuk segera diingat kembali dalam rangkaian sejuta tawa.

Musim panas 1994 adalah awal opera nyata ini. Semua bermula saat Gre Kinayan mendapat tugas untuk memandu 27 anak yang mengikuti summer course di Inggris. 27 anak dengan karakter yang kadang membuat Gre tertawa, kesal, ataupun jengkel.

Summer course pun berlalu dengan penuh gelak tawa. Dan, saat ini, sudah sebelas tahun lamanya mereka tidak saling bertemu. Hingga satu waktu, ada satu junk mail masuk ke email Gre. Email dari Aninda Lana, si polkadot berambut batok yang dulu menjadi salah satu anggota Indo 09.

Bisa dibilang, Aninda Lana adalah orang yang paling update mengenai anggota Indo 09. Hampir seluruh detail anggota Indo 09 diketahui oleh si polkadot ini. Cerita-cerita tentang anggota Indo 09 mengantarkan pikiran Gre ke masa-masa indah bersama mereka.

Gre yang saat ini tinggal sendiri di Belanda, merasa terhibur dengan adanya email dari Ninda. Apalagi saat Ninda menceritakan tentang Cipy, salah satu anggota Indo 09 yang paling manja, centil, dan kekanak-kanakan—khususnya saat berdekatan dengan Christoper Park, leader paling ganteng jika dibandingkan Gre yang cantik.

Semuanya sudah berubah. Namun bagi Gre dan anggota Indo 09 keceriaan seperti dulu tidak sedikitpun hilang meski Ninda telah menjadi istri orang Belanda, Niha telah memiliki dua orang anak, Cipy menjadi kekasih orang Amerika, dan Aiko juga telah menikah dengan orang bule.

Sayangnya, perubahan yang terjadi pada anggota Indo 09, tidak diikuti dengan perubahan dalam diri Gre. Ia masih tetap saja sendiri dalam menjalankan hidupnya dikala semua anak asuhnya telah memiliki pasangan. Opera yang selama sebelas tahun ini ia rangkai, belum terselesaikan.

Akankah Gre menyelesaikan apa yang telah ia mulai? Temukan jawabannya dalam novel terbaru Ita Sembiring berjudul Opera Orang Kaya yang diterbitkan oleh GagasMedia.

Novel ini begitu seru untuk dibaca. Cerita tentang anggota Indo 09 bersama leader-nya terangkum dalam bingkai-bingkai kenangan. Kita diajak untuk memasuki kenangan Gre dan Ninda. Berbaur bersama mereka dikeceriaan sebelas tahun lalu. Namun, kita juga diajak untuk merasakan indahnya persahabatan saat Gre dan Ninda bertemu untuk sekadar mengingat masa lalu dan getirnya kesendirian Gre. So, buruan baca deh novelnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.