Saatnya Menjadi Jawara Kimia!

Saatnya Menjadi Jawara Kimia!

Jangan langsung kabur begitu kamu mendengar kata kimia. Pelajaran yang satu ini pada dasarnya nggak rumit kok. Buktinya, Saras dan Rama bisa jadi jagoan kimia. Nggak percaya? Ayo deh, kita intip cara belajar mereka.

Saras dan Rama memang nggak punya kekuatan superpower seperti superhero. Tapi, mereka mempunyai kekuatan ilmu pengetahuan. Salah satunya di mata pelajaran kimia, pelajaran yang selama ini dipandang sulit oleh sebagian siswa.

Begitu ada soal kimia, kekuatan ilmu pengetahuan Saras dan Rama pun mengalir begitu saja. Mereka mempunya banyak jurus-jurus rahasia yang membuat soal-soal kimia mudah diselesaikan. Misalnya saja saat Saras dan Rama diminta untuk membuat bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi.

Untuk menyelesaikan soal tersebut, Saras dan Rama tinggal mengingat tip yang pernah diberikan Bapak/Ibu Guru saja. Tip untuk membuat bentuk molekul berdasarkan hibridisasi adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan atom pusatnya.
  2. Tentukan konfigurasi elektronnya berdasarkan subkulit.
  3. Gambar ruang-ruang orbitalnya.
  4. Pindahkan elektron yang telah berpasangan supaya diperoleh orbital dengan elektron tunggal sebanyak PEI.

Dengan tip di atas, Saras dan Rama dapat dengan mudah menyelesaikan soal-soal tentang pembuatan molekul berdasarkan teori hibridisasi.

Nah, jika kamu ingin menjadi jagoan kimia seperti Saras dan Rama, nggak sulit kok. Belajar saja bersama mereka melalui buku Rangkuman Kimia SMA yang ditulis oleh Nuhayati Rahayu, S.Pd & Jodhi Pramuji Giriarso, S.Si.

Buku yang diterbitkan GagasMedia ini berisi materi kimia SMA, mulai dari struktur atom, ikatan kimia, laju reaksi, sistem koloid, redoks dan elektronika, hingga kimia organik. Tiap bab dalam buku ini juga akan menampilkan chemistory-nya, yaitu ringkasan pembahasan bab tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menemukan tip-tip jitu seperti di atas tadi. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengerti kimia dan pastinya, nggak akan bingung lagi. Oh iya, ada bonus tabel periodik kimianya juga lho. So, jangan bengong. Ayo berlomba menjadi jawara kimia!

Leave a Reply

Your email address will not be published.