Tip Memilih Anjing Sebelum Memeliharanya

anjing

anjingTip Memilih Anjing Sebelum Memeliharanya

Anjing adalah salah satu binatang sahabat manusia yang paling setia. Anjing tidak hanya bisa menjadi binatang penjaga bagi tuannya. Tetapi juga ‘teman’ bermain dan tempat curhat yang menyenangkan.

dog-lovers-bookNah, jika kamu tertarik untuk memelihara salah satu jenis anjing yang ada di pet shop atau breeder, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini akan sangat berguna dan menghindari kekecewaan yang mungkin akan kamu rasakan kedepannya.

•    Pilih yang lincah. Anjing yang lincah berarti memiliki nutrisi yang cukup untuk beraktivitas. Selain itu, lincah juga berarti memiliki tungkai yang kuat untuk menopang tubuhnya bergerak.
•    Perhatikan mata dan hidungnya. Anjing sehat memiliki mata yang jernih dan tidak ada lendir keruh di sekitar matanya. Hidung anjing sehat normalnya memang basah seperti pilek, tapi tidak ada lendir yang keruh. Jangan pilih yang bersin-bersin, ya.
•    Anjing yang sehat juga tampak dari kulitnya. Pilih yang memiliki rambut bersih dan mengilap. Genggam kulit punggung anjing dengan lembut dan coba lihat di tanganmu apakah banyak rambut yang rontok. Hindari memilih anjing yang sering menggaruk bulunya.
•    Minta penjual anjing untuk memperlihakan gigi anjingnya kepadamu. Gigi yang sehat berwarna putih bersih dan tidak ada karang gigi. Gusi yang sehat berwarna pink. Gigi yang kuning dan gusi berwarna oranye adalah gejala anjing sakit ginjal.
•    Anjing yang ada di pet shop atau breeder biasanya sudah disuntik vaksin. Kalau penjualnya mengaku begitu, mintalah buku vaksinnya dan cek apakah sesuai dengan pengakuan si penjual anjing. Buku vaksin ini wajib kamu minta ketika membeli anjing yang sudah divaksin. Cek tanggal vaksin, jenis, label vaksin, dan tanda tangan/stempel dokter hewan yang melakukan vaksinasi.
•    Kalau kamu membeli anjing ras murni, minta juga stambum atau sertifikat anjingmu. Periksa nama anjingmu dan nomor atau tag yang ada di tato telinganya dengan sertifikat itu.

Selain tip di atas, masih banyak lagi, lho, tip bermanfaat yang perlu kamu ketahui saat kamu memutuskan untuk memelihara seekor anjing. Semua itu bisa kamu dapatkan melalui Dog Lover’s Book yang ditulis oleh Tito Sigilipoe.

Buku terbitan GagasMedia ini berisi segala hal yang perlu kamu ketahui untuk merawat anjing. Mulai dari perawatan rutinnya, penyakit-penyakit yang biasa menyerang anjing, cara menangani anjing yang sakit, hingga melatihnya melakukan gerakan dasar dan bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

jakbook 2022