Yuk, Menyimak Perjalanan Bukunya Raditya Dika

raditya

Hai, GagasAddict! Sudah baca buku terbaru dari Raditya Dika? Yup, Koala Kumal! Buku komedi ini telah lahir 17 Januari 2015 lalu di Gramedia Matraman. Antusiasme pengunjung besar sekali sampai memadati area peluncuran buku. Apakah kamu salah satu di antaranya?

raditya

Hai, GagasAddict! Sudah baca buku terbaru dari Raditya Dika? Yup, Koala Kumal! Buku komedi ini telah lahir 17 Januari 2015 lalu di Gramedia Matraman. Antusiasme pengunjung besar sekali sampai memadati area peluncuran buku. Apakah kamu salah satu di antaranya?

Sebelum Koala Kumal, apa kamu sudah baca buku-buku Raditya Dika yang lain? Kalau belum, yuk kita lihat apa saja buku-buku Raditya Dika yang sudah terbit.

Petama kali Raditya menerbitkan buku yang berjudul Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh pada tahun 2005. Buku ini diambil dari blog pribadi Radith yang berjudul kambingjantan.blogspot.com. Saat itu masih jarang ada orang yang membukukan blog-nya. Dengan tutur Radith yang kocak dan ceplas-ceplos, buku Kambing Jantan laku keras.

cinta-brontosaurus1Setahun kemudian, Radith menerbitkan buku dengan judul Cinta Brontosaurus. Radith menulis sendiri cerita cintanya yang nyata, kocak, namun juga absurd. Tahun berikutnya, ia mengeluarkan lagi buku terbaru yang berjudul Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa. Buku ini masih bercerita ke pengalaman gila seorang Raditya Dika. Mulai dari pengalaman saat ia mengajar, sampai menjadi badut Monas sehari.

Tahun 2008, sebuah buku yang berjudul Babi Ngesot diterbitkan. Kali ini Radith menceritakan pengalaman misteri yang dialaminya dengan konsep cerita komedi. Ia menceritakan berbagai cerita yang terbilang horor, seperti saat dihantui oleh setan rambut poni di rumahnya, sampai digencet oleh kakak kelasnya. Semua yang berbau misteri dan aneh, ia ceritakan dengan gaya komedi khasnya. Tahun ini juga, Radith menerbitkan komik bersama Adriano Rudiman yang berjudul Kambing Jantan.

Sekitar dua tahun kemudian, buku Marmut Merah Jambu lahir. Buku ini bercerita tentang pengalaman cintanya yang manis, pahit, namun tetap kocak. Radith menceritakan pengalamannya saat ia jatuh cinta diam-diam, bertemu dengan orang tua sang pacar, sampai kisah cintanya dengan mantan pacarnya. Bisa dibilang, buku ini banyak menjadi favorit pembacanya. Karena di akhir cerita, Radith selalu memberikan pesan moral yang membuat pembacanya berpikir.

Komik KambingJan 4d2554f96c097Pada tahun 2011, buku Manusia Setengah Salmon diterbitkan. Tema yang diambil dalam buku ini adalah seputar perpindahan. Radith menceritakan saat ia harus pindah rumah, pindah negara, pindah kebiasaan, sampai pindah hati. Hewan “salmon” dijadikan judul buku karena salmon memiliki ritual perpindahan atau migrasi yang hebat selama setahun sekali. Oh iya, tahun ini Radith dan Adriano Rudiman juga berkolaborasi kembali dalam sebuah komik yaitu Kambing Jantan 2.

Nah, tahun ini, Radith menerbitkan buku Koala Kumal yang bisa kamu baca lebih lanjut pada link berikut. Selamat membaca!

jakbook 2022