Kumpulan Dongeng H.C. Andersen

Kumpulan Dongeng H.C. Andersen

Bagi seorang anak, mendengarkan dongeng sebelum tidur tentu bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Cerita-cerita dalam dongeng yang sarat akan makna, tidak hanya mampu mengajak anak untuk mengasah daya imajinya. Tetapi juga mengajarkan anak tentang nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Mungkin kamu ingat cerita tentang anak itik buruk rupa. Dongeng ini menceritakan tentang seekor anak itik yang dibenci serta diasingkan oleh itik-itik lainnya karena wajahnya yang buruk. Ia selalu saja menjadi bulan-bulanan semua itik—kecuali oleh ibunya sendiri.

Saat ia bersama ibu dan saudara-saudaranya bermain di sebuah kolam, itik buruk rupa tidak luput dari ledekan, gigitan, bahkan cemoohan dari hewan lainnya. Hal itu tentu membuatnya sedih. Hingga akhirnya, sambil menutup mata, ia terbang ke arah yang lebih jauh dan sampai di sebuah rawa yang dihuni oleh itik-itik liar.

Di rawa itu, itik buruk rupa malah mendapatkan masalah yang lebih hebat. Ia harus berhadapan dengan senjata dari para pemburu, melewati hujan badai, hingga membeku di dalam dinginnya air danau yang telah menjadi es.

Namun, dengan tekad yang kuat, akhirnya ia bisa kembali ke tempat asalnya. Kejadian-kejadian buruk yang telah ia lewati sekian lama, ternyata membuahkan kebahagiaan. Hewan-hewan lainnya menyadari, bahwa ia bukanlah itik, melainkan seekor angsa. Angsa yang tampan, baik, sopan, dan tidak sombong.

Dongeng ini memang merupakan salah satu dongeng yang paling terkenal sejak zaman dahulu. Bahkan, dibuat pula versi kartunnya. Sebenarnya, banyak dongeng lain yang juga terkenal hingga saat ini. Sebut saja gadis penjual korek api, sepasang sepatu merah, atau nyanyian burung bulbul.

Dongeng-dongeng tersebut merupakan hasil karya dari Hans Christian Andersen—salah satu pengarang terbesar dari Denmark dan salah seorang penulis cerita anak yang paling disayangi di dunia. Sepanjang hidupnya, Andersen telah menulis lebih dari seratus lima puluh dongeng dan hasil karyanya telah diterjemahkan ke dalam lebih dari seratus bahasa. Bahkan, Christian Andersen Award merupakan salah satu penghargaan yang tertinggi untuk karya sastra anak. Moral cerita Andersen banyak mengajarkan kepada kita bahwa penampilan yang serbasempurna sering menutupi kebusukan. Sementara itu, di balik penampilan yang serbakurang ternyata tersimpan kecantikan hati nurani yang hakiki.

Nah, jika kamu ingin tahu kumpulan dongeng dari Andersen yang terkenal itu, coba deh baca buku Dongeng Sepanjang Masa karya H.C. Andersen yang diterjemahkan oleh GagasMedia. Melalui buku ini, kamu bisa membaca 16 judul dongeng dari H.C. Andersen. Dongeng abadi dengan ilustrasi cantik bisa kamu temukan dalam buku ini. Selamat membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published.