Liaison Officer: An Extraordinary Job!

Liaison Officer (LO), Talent Division, Artist Personal Assistant…sounds cool, right? Kebayang dong enaknya kerjaan ini? Ya, iyalah. Bisa ketemu dan deket sama seleb-seleb mancanegara yang pastinya oke-oke banget. Tapi, apa sebegitu enaknya profesi ini?

Kayaknya, pertanyaan seperti ini paling cocok dilontarin ke Melanie Subono deh. Lho, kok? Ya, siapa yang nyangka sih, kalau ternyata Melanie ini sudah berkecimpung di dunia LO selama 17 tahun. Hmmm….

Menurut anak dari promotor ternama, Adrie Subono ini, profesi LO adalah profesi yang extraordinary. Maksudnya? “Gue sangat menyukai sekaligus membencinya setengah mati juga.”

Suka banget? Oh, jelas! Artis yang tadinya cuma bisa gue liat fotonya di majalah, nonton di televisi, yang gue dengerin lagu-lagunya di CD player, kini ada di depan mata gue—lo pasti bersorak kegirangan! Yang lebih menyenangkan lagi, bukan cuma tanda tangan dan foto mereka yang gue dapat. Gue juga jalan-jalan, ngobrol, bahkan nongkrong bareng mereka. Asyik kan?”

Benci? Nah, ini juga iya. Soalnya, terus terang, pekerjaan ini bukan untuk orang yang pengennya iseng doang karena lagi nggak ada kerjaan. Ini serius! Dan, perlu gue tambahkan juga, okelah profesi ini kedengarannya keren banget di kartu nama, tetapi saat lo terjun di dalamnya, lo baru sadar: ini kerjaan pembantu. Gue dituntut bermental kuat, tubuh sehat, dan pikiran yang cerdas. Dan seperti yang gue katakan tadi, gue ibaratnya kacung artis lah. Hiperbolis? Nggak, karena memang itulah kenyataannya.”

Yup! Itulah yang Melanie rasakan selama menjadi LO para artis. Seorang LO itu bertanggung jawab atas artis yang didampinginya. Mulai dari sebelum konser berlangsung hingga mereka pulang.

Penasaran dengan profesi yang satu ini? Atau, mau tau apa yang sebenarnya dilakukan Melanie selama ia menjalankan profesi ini? Semua terangkum dalam buku OUCH!!! karya Melanie Subono yang diterbitkan GagasMedia.

Melalui buku ini, Melanie mencoba untuk berbagi semua tawa, sedih, marah dan semua perasaannya selama menjadi LO. Dengan bahasa yang santai dan ‘Melanie banget’, dijamin deh, lo bakal cekikikan dan—mungkin—greget dengan kelakuan para artis itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.