Melissa Bank

Melissa Bank adalah pengarang buku best seller berjudul The Girls’ Guide to Hunting and Fishing. Buku ini bercerita tentang pengalaman-pengalaman hidup seorang Jane Rosenal yang dikemas lucu dan kadang sarkastik.

Banyak yang membanding-bandingkan The Girls’ Guide to Hunting and Fishing dengan Bridget Jones’ Diary, karya debut Helen Fielding yang disebut-sebut juga pelopor genre chicklit. Nggak bisa disangkal memang, The Girls’ Guide to Hunting and Fishing dan Bridget Jones’ Diary sama-sama bercerita tentang seorang perempuan single yang sedang mencari Mr. Right-nya. Hanya saja, di novel Melissa Bank ini, Jane nggak hanya mencari seseorang yang akan bersanding dengannya di altar, laki-laki itu juga harus ‘berjodoh’ dengan anjingnya. Di buku ini, Melissa Bank juga menyelipkan pesan: jodoh hanyalah kepingan puzzle. Menemukan jodoh itulah puzzle yang sebenarnya.

Jadi nggak heran, The Girls’ Guide to Hunting and Fishing memenangkan Nelson Algren Award pada tahun 1993 untuk kategori fiksi pendek. Bahkan, Francis Ford Coppola, sutradara yang dikenal karena karya-karyanya seperti The Godfather dan Apocalypse Now, bermaksud megadaptasi The Girls’ Guide to Hunting and Fishing menjadi film.

Karya-karya Melissa Bank pernah dipublikasikan di Zoetrope, The Chicago Tribune, The North American Review, Other Voices, dan Ascent. Buku keduanya, The Wonderspot, yang juga diterbitkan oleh GagasMedia, sekali lagi membuat kita terbawa bersama cara bercerita Melissa Bank yang khas.

Saat ini, Melissa Bank tinggal di New York City bersama anjingnya, Maybelline.

Leave a Reply

Your email address will not be published.