Menyelami Karakter Radit & Jani Melalui Novel

Menyelami Karakter Radit & Jani Melalui Novel

Jakarta-GagasMedia. Pada tanggal 24 Januari 2008 lalu, GagasMedia kembali mengadakan launching novel adaptasi terbarunya yang berjudul Radit & Jani di Izzy Pizza Mahakam, Jakarta Selatan.

Menanggapi masalah novel adaptasi Radit & Jani, Upi—penulis script Radit & Jani—merasa kerepotan untuk mencari penulis yang sesuai dengan karakter film tersebut, sebab ceritanya lebih dewasa. Sedangkan, kebanyakan, para penulis novel adalah penulis cerita ABG, seperti chiklit dan teenlit.

Film ini tergolong hot sehingga badan sensor memotong beberapa adegan tertentu. “Ada beberapa adegan yang dipotong oleh badan sensor,” jelas Upi. Ketika dituangkan ke dalam novel, nuansanya agak berbeda. Hal itu pula yang diungkapkan oleh Rio Rinaldo yang sebelumnya telah menulis novel adaptasi Selamanya.

Namun, pembuatan novel ini setidaknya bisa dirasakan oleh mereka yang jauh dari kota sebagaimana yang dikatakan Moammar Emka. “Bagi mereka yang tidak bisa nonton filmnya atau berada di pelosok kampung-kampung bisa menikmati novel ini,” ungkap penulis Jakarta Undercover ini. 

Novel yang bertemakan brutally romantic ini memiliki karakter khas, yakni antara perjuangan mendapatkan cinta, kebebasan, kebahagiaan, dan romantika kehidupan. Dari awal cerita, pembaca sudah dibawa ke suasana pertemuan antara Radit & Jani yang khas dan singkat. Kemudian, diajak menyelami lika-liku kehidupan mereka yang romantis, tapi liar, penuh ketegangan. Radit sebagai sosok pencemburu berat, pemakai narkoba, penganut faham kebebasan, dan selalu berusaha menjadi satu-satunya orang yang ingin membahagiakan Jani. Sedangkan, Jani sebagai sosok yang baru menemukan apa yang selam ini dicarinya, yaitu hidup bebas. Bersama Radit-lah, Jani merasa apa yang dicarinya selama ini bisa didapatkan.

Acara ditutup dengan pemberian buku secara simbolik dari Moammar Emka kepada Rio dan Upi sebagai tanda telah launching-nya novel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.