Penghargaan Adikarya IKAPI untuk Love for Show

Penghargaan Adikarya IKAPI untuk Love for Show

Jakarta – GagasMedia. Indonesia Book Fair 2008 memang sudah usai digelar. Akan tetapi kemeriahan pesta buku bertaraf internasional itu masih menyisakan kebahagiaan tersendiri bagi sebagian orang.

Salah satu yang merasakannya adalah Andi Eriawan—penulis Always, Laila, Love for Show, dan Ruang Rindu (GagasMedia). Pasalnya, di hari pembukaan Indonesia Book Fair 2008 novel Andi yang berjudul Love for Show terpilih sebagai pemenang Adikarya IKAPI 2008 kategori Cerita Buku Bacaan Remaja.

Pastinya senang dong, bisa menyabet salah satu penghargaan terbesar di bidang perbukuan? Mau tahu seperti apa senangnya Andi saat menerima penghargaan tersebut? Berikut ini adalah obrolan singkatnya.

GagasMedia (GM): Hai Mas Andi, apa kabar? Kalau boleh tahu, sekarang sedang sibuk apa nih?
Andi Eriawan (AE): Kabar saya sedang dilanda berbagai kesusahan. Penghargaan ini jadi sedikit menenangkan saya. Kesibukan juga luar biasa. Telepon krang-kring tidak pernah berhenti. Rapat menjadi kerjaan utama saya. Sampai pusing dibuatnya. Perut semakin menebal, sementara dompet menipis. Novel ke-empat pun masih dalam garapan. Juga ada beberapa website yang harus di-maintain. Tentu, saya masih bekerja di kantor yang sama.

GM: Bagaimana nih rasanya jadi salah satu penyandang penghargaan Adikarya IKAPI 2008 Kategori Cerita Buku Bacaan Remaja?
AE: Menyenangkan sekali. Sedikit shock, sih. Untung jantung saya cukup kuat. Tapi saya sadari bahwa ini tidak boleh jadi akhir perjalanan karir saya dalam menulis. Masih ada Pulitzer menanti dan, tentunya, Oscar. Gantungkan keinginan setinggi menara, bukan?

GM: Sebelumnya, pernah terbayang nggak sih untuk memenangkan kategori tersebut?
AE: Saya selalu memimpikannya nyaris siang malam. Namun, sewaktu menulis Love for Show, saya tidak pernah terpikir bahwa novel tersebut akan dimasukkan ke dalam genre remaja. Mungkin karena di dalamnya tidak terdapat satupun adegan ciuman atau hubungan bercinta, maka para juri—yang tentunya sudah dewasa—memasukkannya ke genre tersebut. Dengan demikian, mereka merasa novel saya tidak berbahaya.

GM: Bagaimana sih awal ceritanya hingga bisa dinominasikan untuk mengikuti penghargaan ini?
AE: Awal ceritanya begini. Mba, sesungguhnya saya tidak tahu menahu. Tiba-tiba saja saya diberitahu pihak GagasMedia bahwa saya masuk nominasi dan diminta hadir untuk menerima hadiah. Itu saja. Maka berangkatlah saya ke sana dengan harapan pulang membawa hadiah.

GM: Apa sebelumnya Mas Andi tahu akan dinominasikan?
AE: Konon katanya pihak GagasMedia mengirimkan beberapa eksemplar novel dari berbagai judul ke pihak Yayasan Adikarya IKAPI ini. Dan dengan ajaibnya, novel saya terpilih.

GM: Kalau menurut Mas Andi sendiri, apa sih yang membedakan Love For Show dengan buku sebelumnya (Always, Laila dan Ruang Rindu) sehingga bisa dinominasikan di penghargaan IKAPI?
AE: Kalau saya diizinkan menganalisis, maka saya akan jawab demikian: tema Love for Show adalah komedi romantis. Tokoh-tokoh utama di dalamnya memiliki karakter yang kuat dan lebih real dari kedua novel saya yang lain. Akan terasa dekat dengan pembaca. Dialog-dialognya pun disusun sedemikian rupa sehingga… Maka… adapun… Ah, maaf. Saya tidak tahu harus menjawab bagaimana. Boleh kan saya tidak tahu akan beberapa hal?

GM: Apa tanggapan Mas Andi dengan adanya acara (penghargaan) sepeti ini?
AE: Tanggapan saya sangat sederhana: naikkan nominal hadiahnya. Ups…

GM: Apa sih harapan Mas Andi ke depan dengan adanya penghargaan ini?
AE: Saya berharap, tentunya, penghargaan ini dapat semakin memacu setiap penulis untuk terus berkarya. Kalau bisa, penerimaan hadiah diliput oleh berbagai media, seperti tivi, koran, majalah, radio, website. Bukan. Saya bukan banci kamera. Hanya saja… hmm… saya ingin keluarga di kampung melihat saya memegang pialanya.

Gimana, seru kan obrolan singkat dengan Andi?! Nah, kalau kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang cowok kelahiran Rangkasbitung ini buka saja blog-nya di http://andi136.blogspot.com/. Mau tanya-tanya boleh, mau baca cerita-cerita unik seputar kehidupannya, puisi, cerpen, atau artikel-artikelnya juga boleh.

Once again, Congratulation to Andi Eriawan!

Ini nih, foto Andi dan novelnya, Love for Show!

Leave a Reply

Your email address will not be published.