Tip Memilih Anjing Berdasarkan Karakteristiknya

ukuran-anjing

ukuran-anjingPercaya atau tidak, anjing adalah salah satu hewan yang bisa menjadi sahabat terbaik manusia. Selain loyal, anjing juga merupakan hewan peliharaan yang asyik serta menyenangkan untuk diajak jalan dan bermain.

 

Namun, untuk bisa memeliharanya dibutuhkan beberapa persiapan yang patut kamu perhatikan. Salah satunya adalah memilih anjing berdasarkan karakteristiknya.

Ukuran
Anjing biasanya digolongkan dalam ukuran small, medium, dan large. Perkirakan seberapa besar anjingmu ketika nanti dia dewasa supaya kamu bisa mempersiapkan tempat tinggal yang sesuai dengan ukuran anjingmu.

Aktivitas
Anjing yang kurang aktivitas akan banyak mengalami gangguan kesehatan, seperti depresi dan obesitas. Konsultasikan aktivitas anjingmu ke dokter hewan. Anjing yang kecil cukup beraktivitas dengan mengitari rumah saja. Anjing sebesar kintamani, seperti corgi, bisa kamu ajak bermain frisbee, sedangkan anjing yang kuat seperti pitbull butuh aktivitas yang lebih berat. Sediakan waktu dan tempat baginya untuk menarik beban, mengigit ban yang digantung, dan jogging.

Bulu panjang atau pendek?
Anjing-anjing berbulu panjang, seperti ras yorkshire terrier, pomeranian, poodle, shih tzu dan masih banyak lagi, memang sangat cantik. Bulunya bisa dikuncir dan ditata sesuai keinginanmu. Makanya, mereka lebih sering ikut berbagai dog show. Tapi, bulu panjang juga berarti perawatan ekstra untuk anjingmu dan usaha ekstra untuk bersih-bersih rumah dari bulu anjing.

Buat kamu yang lebih suka hal-hal praktis, kamu bisa memilih anjing berbulu pendek yang perawatannya lebih mudah seperti tekel (dachshund), bulldog, dan mini pinscher. Anjing jenis ini tidak perlu disisir dan kamu bisa membersihkan rumah seperti biasa.

Betina atau jantan?
Setelah mengenal berbagai ras anjing, kamu akan berhadapan dengan keputusan besar, yaitu memilih anjing betina atau jantan. Kamu pasti bisa menebak, kalau membeli anjing betina berarti dia berpeluang memiliki anak-anak anjing dan ujung-ujungnya akan ada biaya ekstra yang keluar untuk memelihara banyak anjing. Tapi, jangan salah, kamu juga bisa meraup banyak keuntungan dari situ.

Ras murni atau mongrel?
Anjing ras murni adalah anjing terseleksi yang memiliki bentuk dan temperamen spesifik. Seleksi ini bisa terjadi secara alami atau disengaja oleh manusia.

Kalau kamu ingin memiliki anjing sebagai gaya hidup dan ingin berpartisipasi dalam dog show, pilih ras murni. Ada ratusan ras yang bisa dipilih sesuai kepribadianmu. Ras murni lebih mahal daripada ras campuran atau mongrel, dan ras murni ini biasanya rentan terhadap penyakit tertentu.

Anjing mongrel adalah anjing dengan campuran beberapa ras. Bentuknya tidak spesifik dan mungkin kamu kesulitan untuk melacak anjing ini berasal dari ras apa. Namun, mongrel biasanya memiliki keunggulan dari campuran masing-masing breed dan lebih tahan penyakit.

Nah, selengkapnya mengenai pemeliharaan anjing ini bisa kamu baca dalam buku Dog Lover’s Book yang ditulis oleh Tito Sigilipoe. Buku terbitan GagasMedia ini berisi segala hal yang perlu kamu ketahui untuk merawat anjing. Mulai dari merawat anak anjing, melatihnya, perawatannya, mengatasi penyakitnya, hingga informasi tentang beragam pet service dan komunitasnya.

Tidak hanya itu, buku ini sangat jauh dari kesan ‘text book’, lho. Kamu bisa menemukan banyak ilustrasi menarik dalam buku ini. Dengan hadirnya buku ini, pastinya seluk beluk memelihara anjing bisa kamu dapatkan dengan cara yang asyik, menyenangkan, dan mudah dimengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

jakbook 2022