Tukang Fotokopi Jadi Rebutan

Chester Floyd Carlson adalah anak seorang tukang yang cukur lahir pada tanggal 8 Februari 1906 di Seattle, Amerika Serikat. Carlson yang bekerja di Mallory & Co, berhasil menemukan mesin fotokopi. Upayanya untuk mempelajari fotografi dengan disertai beberapa percobaan berhasil menemukan prinsip dasar pengopian grafik atau gambar yang disebut Teknik Elektografi. Dengan dibantu Otto Kornei, asistennya yang berasal dari Jerman, dikembangkanlah teknik lebih oke bernama Xerografi (xeros: kering dan graph: tulisan) pada tanggal 22 Oktober 1938.

Informasi yang disadur dari The encyclopedia Americana International Edition vol.5 1989 inilah yang mendekatkan Budi seorang pria lulusan SMA yang berprofesi sebagai tukang fotokopi di salah satu perpustakaan sebuah universitas dengan mahasiswa setempat yang bernama Mira. Menarik bukan? 

Bukan hanya sampai di situ saja, pertikaiaan cinta berlumuran carbon fotokopi pun turut serta dalam menambah serunya cerita cinta Budi yang tidak pernah dilalui sebelumnya. Gimana nggak? Tanpa dinyana-nyana, tukang fotokopi perpustaan kampus ini, menarik perhatian dan hati dua mahasiswi yang berkuliah di kampus tersebut.

Kalau mendengar ceritanya, seolah-olah hal itu tidak mungkin terjadi. Tapi memang itulah kenyataannya. Kok bisa? Memang seperti apakah sih Budi itu, sampai dua mahasiswi tersebut jatuh hati. Apalagi kedua mahasiswi tersebut adalah sahabat karib yang sudah lama menjalin hubungan.

Wah ribetkan! Retak deh hubungan baik mereka! Mungkin karena nama Budi benar-benar membawa hoki atau ada alasan lainnya, sampai dua wanita tersebut meleleh deket tukang fotokopi.

Sebagian kisah hidup seorang tukang fotokopi ini bisa kamu tamui di novel Xerografer  karya Ihwan Hariyanto yang diterbitkan oleh GagasMedia. Novel yang segaja dibuat untuk menggambarkan curhat colongan tukang fotokopi ini, benar-benar asik untuk dibaca. Gaya bahasa sederhana dan apa adanya membuat siapa pun yang membacanya merasa terhibur dengan isi novel ini.

Nggak ada salahnya kan ngebuktiin keasikan isi novel ini?! Coba baca cepetan deh sebelum temen kamu yang lainnya membaca lebih dulu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

jakbook 2022