Kisah Tanah Jawa; Kisah Misteri Berbekal Retrokognisi?

retrokognisi kisah tanah jawa

Retrokognisi. Pernah dengar istilah ini? Bagi pembaca setia Kisah Tanah Jawa (KTJ), istilah ini bukanlah hal yang baru. Kemampuan retrokognisi dimiliki oleh Om Hao yang merupakan bagian dari tim KTJ. Ulasan sosok dan tempat horor urban legend dan situs kuno bersejarah menjadi lebih seru disampaikan lewat metode ini. Nah, jika kamu percaya, melalui metode retrokognisi, sebuah peristiwa atau kejadian di masa lalu bisa direkonstruksi ulang dengan perangkat “intuisi” dan komunikasi dengan alam gaib tersebut.

Metode retrokognisi seperti kemampuan untuk melihat dan kembali ke masa lalu “time travel”, sebuah perjalanan waktu. Hasil dari retrokognisi, bisa diverifikasi kebenarannya dengan metode ilmiah lain, seperti wawancara dengan saksi sejarah, ahli sejarah, dan ahli arkeologi. Berbekal material atau benda peninggalan sejarah yang ada di sekitar tempat bersejarah tersebut. Kabarnya benda-benda dan keadaan lingkungan tersebut berguna sekali karena mengeluarkan “data-data” peristiwa yang terekam.

Menurut Om Hao, segala material benda yang masih tersisa di tempat-tempat peninggalan sejarah bisa “dipanggil” untuk mengeluarkan data peristiwa dengan metode retrokognisi ini. Agar bisa dilihat oleh orang awam, lewat metode ini, ilustrator yang dipilih kemudian menggambarkan sosok makhluk tersebut di atas kertas dengan pena dan alat lukisnya.

Ketika di petilasan Prabu Jayabaya, tepat di dekat pohon beringin 9, di Kediri, Om Hao pernah memverifikasi hasil retrokognisinya kepada juru kunci petilasan tersebut. Pohon beringin 9 dikelilingi oleh seekor harimau putih dan sosok berjubah dengan udeng di kepalanya. Kedua sosok tersebut pun dibenarkan oleh sang juru kunci.

Kemampuan retrokognisi Om Hao kabarnya bisa melampaui hingga 10.000 tahun lalu. Hal ini dikatakan saat berkunjung dan mengulas situs megalitikum Gunung Padang. Sebuah situs yang merupakan peninggalan bersejarah terdiri dari tumpukan batu dan di dalamnya memiliki kandungan unsur besi lebih banyak.

Di semua konten Youtube KTJ, ketika Om Hao mengulas lokasi sejarah dan kejadian urban legend, terlihat ia menyampaikannya dengan mengalir dan spontan. Jika konten-konten gaib yang dibicarakan berbekal hafalan atau ingatan, kemungkinan besar akan “kerepotan” dalam menjelaskan, tidak selancar dan sealami itu.

Selain bisa kita saksikan dalam format video di YouTube, tim Kisah Tanah Jawa juga membukukan ceritanya. Sudah ada lima buku yang dirilis oleh Gagasmedia,

Ada tiga buku terbaru KTJ; Unit Gaib Darurat, Bank Gaib, dan Pocong Gundul.

Di buku Unit Gaib Darurat, KTJ menuliskan ulang cerita yang ramai diperbincangkan dengan lebih mendalam, tentang seorang ibu hamil tua yang pada malam hari tiba-tiba ingin melahirkan anaknya. Bersama suaminya, ia memasuki rumah sakit bersalin. Eksekusi persalinan berjalan lancar, tetapi anehnya semua bidan dan dokter yang membantu tidak terlibat percakapan. Setelah pagi tiba, suami istri tersebut bingung karena yang ia dapati ternyata rumah sakit tua yang tidak lagi terpakai.

Sementara di Bank Gaib, berisi kisah pesugihan (mencari kekayaan dengan cara instan melibatkan bantuan gaib) yang terdapat di Pulau Jawa. Cerita yang biasanya membawa tumbal nyawa manusia. Buku ini menyampaikan sebuah kisah di balik Pohon Randu Putih, tentang seorang bapak yang melakukan perjanjian gaib dengan menumbalkan kedua anaknya.

Dalam buku Pocong Gundul, dikisahkan dukun bernama Walisdi yang mengaitkan janji dengan Banaspati. Dalam penjelmaannya, Walisdi berwujud Pocong Gundul. Konon, ia bisa datang saat kita memikirkan dan memanggil-manggil namanya.

Dari ketiga buku terbaru Kisah Tanah Jawa ini kita bisa menemukan banyak kisah dari berbagai tempat dan sosok dunia gaib yang dideteksi tim KTJ dengan metode retrokognisi. Gambaran ilustrasi makhluk gaib kian menarik karena membantu pembaca mengikuti kisah-kisah seram dalam ketiga buku ini.

Percaya atau tidak, mitos seputar tempat, sosok, dan sejarah, khususnya di Pulau Jawa ternyata beririsan dengan banyak sekali “pertemuan-pertemuan” dengan dunia gaib. Nah, bukan tidak mungkin makhluk-makhluk astral yang membawa energi negatif berlokasi di dekat tempat tinggalmu.

Penasaran dengan hasil pendeteksian makhluk astral lewat cara “retrokognisi”? Yuk, temukan ketiga seri terbaru dari Kisah Tanah Jawa di toko buku terdekat atau toko buku daring kesayanganmu.

 

 

Bertumbuh Bermimpi